Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wah... 76 Persen PSK Dolly Idap Penyakit Seks Menular

Kompas.com - 23/03/2010, 20:21 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebanyak 76 persen dari 1.287 pekerja seks komersial yang bekerja di lokalisasi Dolly, Jalan Putat Jaya dan Jalan Jarak, Surabaya, mengidap infeksi penyakit seks menular.

Data ini diperoleh dari Puskesmas Putat Jaya yang secara rutin melakukan pengontrolan. Adapun jenis penyakit yang diderita para PSK, antara lain, HIV/AIDS, gonore, sipilis, herpes, kondiloma, kandida, dan trikomonas vaginalis.

"Jenis penyakit kelamin menular tersebut bisa menjadi pembuka jalan masuknya virus HIV ke tubuh manusia dan risiko tertularnya sangat tinggi melalui proses hubungan seks," ujar Kepala Puskesmas Putat Jaya Hartati saat dikonfirmasi, Selasa (23/3/2010).

Pihaknya mencatat, sepanjang 2010 ini, 16 pengidap HIV baru terdeteksi di Dolly dan Jarak. Dalam lima tahun terakhir, angka pengidap HIV/AIDS di Dolly dan Jarak mengalami fluktuasi.

Pada tahun 2006 tercatat ada 65 pengidap, pada 2007 ada 95 pengidap, pada 2008 ada 72 pengidap, dan 2009 ada 46 pengidap. Untuk mengurangi penyebaran penyakit, pihaknya juga telah melakukan intervensi kepada para PSK dengan melakukan uji kesehatan, konseling, serta mengimbau pemakaian kondom saat behubungan seks dan menjauhi obat-obatan terlarang.

"Hasilnya cukup positif. Dengan pemberian edukasi ke mereka, setidaknya hal itu bisa mengurangi penambahan angka pengidap," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com