Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Surut, Muka Air Citarum Naik Lagi

Kompas.com - 19/03/2010, 09:25 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com - Setelah sempat surut pada Kamis petang, tinggi muka air Sungai Citarum di Karawang, Jawa Barat, naik lagi Jumat (19/3/2010) dini hari tadi. Air pun limpas dan kembali menggenangi pemukiman di beberapa titik.

Dua kawasan yang paling parah tergenang yakni Perumahan Karaba Indah di Desa Wadas serta Perumahan Bintang Alam di Desa Telukjambe. Keduanya berada di sekitar aliran Sungai Citarum di Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang.

Agus (47), warga Perumahan Karaba Indah menyebutkan, ketinggian air mencapai 20-100 meter di jalanan sekitar pemukiman. Warga pun mengungsi ke tenda pengungsian dan masjid yang aman dari banjir di desa setempat.

Dinas Sosial Kabupaten Karawang mencatat, banjir menggenangi pemukiman yang dihuni 924 keluarga di lima kelurahan di Kecamatan Karawang Barat, Desa Wadas dan Telukjambe (Kecamatan Telukjambe Timur), serta Desa Tegallega (Ciampel). Banjir terjadi akibat luapan Sungai Citarum setelah sejumlah wilayah di hulu dan daerah anak sungai diguyur hujan deras dua hari terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com