Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Total, 53 TKW Asal NTT "Raib" dari Penampungan

Kompas.com - 18/03/2010, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah dilakukan pendataan secara mendetail, ternyata jumlah tenaga kerja wanita asal Nusa Tenggara Timur yang tak diketahui keberadaannya lebih besar dari jumlah yang dilansir sebelumnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 9 TKW tak jelas berada di mana. Namun, pendataan terakhir menunjukkan bahwa 53 TKW dibawa keluar dari penampungan milik PT Mitra Makmur Jaya Abadi di kawasan Muara Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Pihak perusahaan tak bisa memberikan konfirmasi di mana puluhan orang itu berada.

"Kami akan segera mencari tahu dan menginformasikan kepada BNP2TKI," kata Gustav, kuasa hukum yang mewakili PT Mitra Makmur Jaya Abadi dalam pengarahan menyeluruh di lokasi penampungan, Kamis (18/3/2010) sore.

Menurut catatan Dinas Tenaga Kerja NTT, saat melakukan kunjungan pada pertengahan Februari 2010, pihaknya mencatat 292 TKW asal NTT siap diberangkatkan ke Malaysia dan Singapura. Dari jumlah tersebut, sebanyak 18 orang sudah dipulangkan. Dalam pendataan hari ini, jumlah total TKW yang masih berada di penampungan adalah 221 orang.

Ketua Ikatan Keluarga Besar Sumba se-Jabodetabek, Dairo Talu, mengatakan bahwa pihaknya akan menuntut pertanggungjawaban dari perusahaan penyalur hingga bisa menjelaskan keberadaan puluhan TKW tersebut. Berdasarkan keterangan sejumlah TKW, 4-5 TKW dibawa keluar dari penampungan pada tengah malam secara bertahap. Berdasarkan keterangan pihak perusahaan, orang-orang yang dibawa tersebut akan mengikuti pelatihan. Namun, ada yang sudah menghilang selama dua minggu hingga satu bulan dan tidak pernah kembali ke penampungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com