Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Penjambret Terkapar, Nyaris Dibakar Massa

Kompas.com - 17/03/2010, 07:54 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Dua penjambret bersepeda motor nyaris tewas dibakar massa di Jalan I Gusti Ngurah Rai di depan Rusun Klender, Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa (16/3/2010) siang.

Sejumlah orang mengambil bensin dari motor yang dikendarai kedua penjambret, yaitu Jahari (19) dan Muhidi (22), kemudian bermaksud membakar keduanya. Untungnya polisi segera tiba di lokasi kejadian sehingga warga mengurungkan niatnya.

Saat akan dibakar, kedua penjambret warga Kampung Baru, RT 04 RW 07 di Jalan Tipar Cakung, Cakung Barat, Jakarta Timur, itu sudah terkapar dan tak bisa berbuat apa-apa akibat dikeroyok massa. Wajah dan kepala keduanya babak belur dan penuh luka terkena bogeman warga. Selain itu, sepeda motor milik kedua penjambret juga hancur.

Jahari dan Muhidi berhasil ditangkap warga sesaat setelah mereka menarik tas milik Indah (23) dan Melisa (28), warga PIK, Cakung. Menurut Melisa, dia dan Indah akan menikmati hari libur dengan jalan-jalan ke mal di Rawamangun. Mereka mengendarai sepeda motor Honda Blade bernomor polisi B 6583 TYP. "Indah yang mengendarai dan saya dibonceng," ujar Melisa.

Saat melintas di Jalan I Gusti Ngurah Rai di dekat Stasiun KA Klender, tiba-tiba mereka dipepet oleh sepeda motor Suzuki Satria warna hitam yang dikendarai Jahari dan Muhidi. "Awalnya kami mengira mereka orang biasa dan hanya mau godain aja," kata Melisa.

Namun, ternyata pria yang dibonceng menarik tas milik Melisa yang saat itu ditaruh di tengah di antara badannya dan badan Indah. Secara refleks, Melisa mencoba mempertahankan tasnya. Sempat terjadi tarik-menarik tas di antara dia dan pelaku. Indah yang kaget karena ada rebutan tas kehilangan keseimbangan dalam mengendalikan motornya.

"Saya langsung menurunkan kecepatan dan terjatuh," kata Indah menimpali.

Menurut Indah, saat pelaku berhasil merampas dan membawa tas milik Melisa, dia pun langsung berteriak minta tolong. Rupanya teriakan mereka itu didengar oleh warga dan pengendara motor lainnya. Beberapa pengendara motor dan tukang ojek langsung mengejar pelaku.

Kedua penjambret berhasil ditangkap warga yang kemudian langsung mengeroyok mereka hingga babak belur.

Kapolsek Duren Sawit Komisaris Titik Setyowati menduga pelaku adalah pemain lama yang biasa beraksi di kawasan Duren Sawit. Dia mengatakan, karena seringnya aksi penjambretan di daerahnya dengan korban wanita, warga marah dan hendak membakar kedua penjahat itu. "Untungnya petugas kami cepat datang ke lokasi," katanya.

Titik berterima kasih karena masyarakat sangat peduli dengan keamanan wilayahnya dan berhasil membekuk pelaku kejahatan. Namun, dia mengimbau masyarakat untuk tidak main hakim sendiri. (Budi SL Malau)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com