Pencetak Uang Palsu Diungkap

Kompas.com - 03/03/2010, 15:28 WIB
Editor

KUDUS, KOMPAS - Aparat Kepolisian Resor Kudus membongkar industri kecil pembuatan uang palsu di Dukuh Pandak, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Di tempat itu, dicetak uang palsu Rp 50.000 senilai total Rp 20 juta dengan bahan baku utama kertas pembungkus roti.

"Uang palsu tersebut beredar di toko-toko dan warung-warung kecil serta pasar tradisional di Demak, Kudus, Pati, dan Jepara," kata Kepala Polres Kudus Ajun Komisaris Besar M Mustaqim melalui Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Kudus Ajun Komisaris Suwardi, Selasa (2/3), di Kudus.

Polisi telah menangkap tiga pelaku tersangka. Dua tersangka bertindak sebagai pembuat uang palsu, yakni Sutrisno (35) warga Desa Wonorejo, Karanganyar, Demak, dan Sumarno (46) warga Desa Colo, Kecamatan Dawe. Seorang lainnya pengedar, yakni Kiswanto (25), warga Dukuh Jatiroso, Desa Kajar, Dawe. Para tersangka diancam hukuman 15 tahun penjara.

Modus operandi pengedarannya adalah satu lembar uang asli ditukar dengan dua lembar uang palsu. Selain itu, tersangka membelanjakan sendiri uang palsu itu. Diduga para tersangka memiliki jaringan di sejumlah daerah.

Pembuatan uang palsu itu terungkap berdasarkan informasi warga. Setelah menyelidiki, polisi menangkap tersangka dan menyita sejumlah barang bukti berupa 219 lembar uang palsu pecahan Rp 50.000, kertas pembungkus roti, lem, gunting, dan hologram.

Tersangka Sutrisno mengaku belajar membuat uang palsu secara mandiri. Hal ini dilakukannya sejak tahun 2008. (HEN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.