Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasat Reskrim: Selly Penipu Sangat Profesional

Kompas.com - 03/03/2010, 15:23 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Kasat Reskrim Polresta Bogor AKP Irwansyah mengatakan bahwa pelaku penipuan Rasellya Rahman Taher alias Selly Yustiawati adalah seorang penipu profesional.

Penilaian itu terungkap dari hasil laporan pemeriksaan saksi korban penipu Selly pada Sabtu (27/2/2010) lalu.

"Ketika kejahatan menjadi suatu pekerjaan, berarti dia sudah profesional," ungkap Irwansyah saat dihubungi, Rabu (3/3/2010).

Menurut dia, berdasarkan pada pemeriksaan korban Selly, diketahui bahwa dalam pergerakannya Selly telah memproteksi dirinya.

"Sebagai penipu profesional, dia sudah memprotek diri dia (Selly), baik identitas diri, seperti rumah dan keluarganya. Kami menilai dia sudah sangat profesional," jelasnya.

Saat ini baru satu korban Selly yang sudah melaporkan peristiwa penipuan. Korban bernama Vica, warga Pamoyanan, Kota Bogor.

Vica ditipu pada tanggal 25 Januari 2010, dan baru melapor pada tanggal 5 Februari 2010. Dalam laporannya, Vica ditipu oleh Selly sebesar Rp 10 juta dengan dalih bisnis pulsa.

Irwansyah menjelaskan, pemanggilan korban penipuan Selly untuk mengetahui benar atau tidaknya penipuan dan bagaimana prosesnya.

"Berdasarkan laporan dari korban, kami akan me-mapping (memetakan) keberadaan Selly," ucapnya.

Dalam pencarian tersebut, Polresta Bogor juga berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya.

Terkait adanya pemberitaan pihak keluarga Selly yang juga menjadi korban penipuan Selly, Irwansyah mengatakan bahwa dia belum menerima adanya laporan tersebut.

"Sejauh ini baru satu korban yang sudah melaporkan, soal pihak keluarga Selly yang juga kena tipu oleh Selly saya belum ada terima laporannya," ucapnya membantah.

Irwansyah mengatakan, untuk memburu Selly, pihaknya telah menyiapkan tim khusus yang berjumlah lima orang.

Pihak Polresta Bogor berharap Selly dapat segera diringkus. Karena itu, Irwansyah mengimbau kepada para warga yang merasa menjadi korban untuk melapor.

"Karena laporan warga juga membantu kami untuk mendeteksi keberadaan Selly, selagi dia masih berada di dekat kita," imbaunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com