Wajar Nama Jayapura Menjadi Port Numbay - Kompas.com

Wajar Nama Jayapura Menjadi Port Numbay

Kompas.com - 02/02/2010, 17:10 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, Prof DR Berth Kambuaya MBA mengatakan, penggantian nama kota Jayapura menjadi Port Numbay adalah hal yang wajar, sepanjang tidak menyalahi aturan hukum dan disetujui semua kalangan di Papua.

"Perubahan nama adalah wajar saja, sekarang departemen saja sudah diganti jadi kementerian," katanya di Jayapura, Selasa (2/2/2010).

Ia mengaku baru mendengar rencana perubahan nama Kota Jayapura itu telah ditetapkan pemerintah Kota Jayapura melalui media massa.

Namun, perubahan nama kota Jayapura menjadi Port Numbay harus membawa perubahan. "Ini spirit bagi masyarakat dalam bekerja membangun Port Numbay," sambungnya.

Sejumlah dosen Uncen pernah melakukan kajian terhadap nama Port Numbay. "Bisa jadi dengan perubahan ini dapat membawa semangat bekerja dari anak-anak asli Port Numbay untuk memajukan daerahnya," kata Berth Kambuaya.

Sebelumnya, setelah melalui perdebatan antara peserta konsultasi publik soal perubahan nama Kota Jayapura yang digelar Pemkot Jayapura pada Jumat, yang antara lain diikuti Lembaga Adat Masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, tokoh adat dan perwakilan akademisi, akhirnya diputuskan nama Port Numbay sebagai pengganti nama Kota Jayapura.

Turut hadir dalam konsultasi public antara lain, Wali Kota Jayapura Drs M.R Kambu, M,Si, Wakil Walikota Jayapura, H. Soedjarwo, Ketua DPRD Kota Jayapura Dra, WW Kambuaya, MM dan para pejabat teras di lingkungan Kota Jayapura.

Konsultasi publik dipimpin moderator H Thamrin Sagala, MM berjalan cukup aman dan tertib. Meskipun saat penyampaian pendapat dari masing-masing perwakilan yang hadir, terjadi perdebatan pro dan kontra atas rencana perubahan nama Kota Jayapura.

Acara yang berjalan kurang lebih tiga jam itu, menghasilkan keputusan yaitu nama kota Jayapura akan diganti menjadi nama Port Numbay.

Jika dihitung dalam persentasi dukungan, maka dari 110 peserta, 73 persen memilih kota Jayapura diganti dengan nama Port Numbay, 10 persen menolak pergantian nama Jayapura dan sisanya setuju mengganti nama Kota Jayapura tetapi dengan nama kota Tabi.


Editorbnj

Close Ads X