Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabur ke Malaysia, Penampungan Pengungsi Rohingya Makin Sepi

Kompas.com - 27/01/2010, 12:52 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Jumlah pengungsi Rohingya berkebangsaan Banglades dan Myanmar di penampungan Medan semakin sedikit. Sampai siang ini jumlah mereka tidak sampai 20 orang. Jumlah ini jauh dari jumlah semula yang mencapai 190 orang.

"Mereka pamitnya mau jalan-jalan. Tetapi belum juga kembali. Kami tidak bisa memastikan apakah mereka ikut kabur bersama teman-temannya yang sudah sampai ke Malaysia," tutur Kepala Kantor Pelayanan Imigrasi Polonia, Medan, Abdul Rahman, Rabu (27/1/2010) di Medan.

Sebelumnya, sebanyak 190 pengungsi Rohingya yang berada di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dipindahkan ke Medan akhir tahun lalu. Mereka menempati gedung sewaan IOM (International Organization for Migration) di Jalan Bunga Cempaka Nomor 4, Medan.

Kantor Pelayanan Imigrasi Polonia telah memastikan 160 pengungsi sudah berada di Malaysia. Mereka kabur melalui jalan darat menuju Tanjung Balai. Dari pelabuhan ini, mereka menempuh jalur laut menuju Malaysia. "Kemungkinan besar, sisa pengungsi yang ada di penampungan mengikuti jejak rekannya menuju Malaysia. Kami akan mendata lagi, kemudian akan kami umumkan ke publik," tutur Abdul Rahman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com