Kabur ke Malaysia, Penampungan Pengungsi Rohingya Makin Sepi

Kompas.com - 27/01/2010, 12:52 WIB
EditorGlo

MEDAN, KOMPAS.com — Jumlah pengungsi Rohingya berkebangsaan Banglades dan Myanmar di penampungan Medan semakin sedikit. Sampai siang ini jumlah mereka tidak sampai 20 orang. Jumlah ini jauh dari jumlah semula yang mencapai 190 orang.

"Mereka pamitnya mau jalan-jalan. Tetapi belum juga kembali. Kami tidak bisa memastikan apakah mereka ikut kabur bersama teman-temannya yang sudah sampai ke Malaysia," tutur Kepala Kantor Pelayanan Imigrasi Polonia, Medan, Abdul Rahman, Rabu (27/1/2010) di Medan.

Sebelumnya, sebanyak 190 pengungsi Rohingya yang berada di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dipindahkan ke Medan akhir tahun lalu. Mereka menempati gedung sewaan IOM (International Organization for Migration) di Jalan Bunga Cempaka Nomor 4, Medan.

Kantor Pelayanan Imigrasi Polonia telah memastikan 160 pengungsi sudah berada di Malaysia. Mereka kabur melalui jalan darat menuju Tanjung Balai. Dari pelabuhan ini, mereka menempuh jalur laut menuju Malaysia. "Kemungkinan besar, sisa pengungsi yang ada di penampungan mengikuti jejak rekannya menuju Malaysia. Kami akan mendata lagi, kemudian akan kami umumkan ke publik," tutur Abdul Rahman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.