Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surga Eden Rumah Ahmad Tantowi Digerebek

Kompas.com - 14/01/2010, 16:54 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Jajaran petugas Reserse Kriminal dan Perlindungan Perempuan Polda Jabar bersama puluhan anggota ormas Islam Kota Cirebon, Kamis (14/1/2010) menggerebek dua rumah yang diduga sebagai tempat kegiatan Surga Eden, ajaran pimpinan Ahmad Tantowi.

Penggerebekan pertama pada sebuah rumah di Desa Pamengkan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, yang diberi nama Istana Surga Eden, yang disebut-sebut sebagai tempat pembaiatan anggota sekaligus tempat tinggal sang pemimpin ajaran itu, Ahmad Tantowi.

Dalam penggerebekkan tersebut Ahmad Tantowi dan beberapa pengikutnya yang sebagian besar perempuan melakukan perlawanan. Tantowi mencabut keris dan berusaha melawan sebelum diringkus petugas.

Petugas juga mendatangi rumah milik Ahmad Tantowi, tidak jauh dari rumah pertama. Menurut Ahmad Tantowi, rumah itu tempat tinggal anak asuhnya.

Terjadi kontak fisik antara anggota ormas dan sejumlah orang yang ada di rumah tersebut. Namun setelah petugas datang, seluruh pengikut Surga Eden di sana diangkut petugas.

Ahmad Tantowi dan tujuh pengikutnya langsung dibawa ke Mapolda Jabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com