Pramono: PDI-P Inisiator Usulan Gus Dur Pahlawan Nasional

Kompas.com - 04/01/2010, 02:03 WIB
Editormsh

JAKARTA, KOMPAS.com — PDI Perjuangan menegaskan komitmennya untuk memberikan dukungan kepada almarhum KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur sebagai tokoh pahlawan nasional.

Politisi PDI Perjuangan Pramono Anung mengatakan, Gus Dur merupakan sosok yang banyak memberikan sumbangsih bagi kehidupan berdemokrasi dan beragama di Indonesia. "Tentu, PDI-P akan jadi inisiator Gus Dur sebagai pahlawan nasional," kata Pramono Anung saat melayat Wakil Ketua DPR almarhum Marwoto Mitrohardjono di rumah duka, Kompleks Gudang Peluru, Jakarta Selatan, Minggu (3/1/2010) malam.

Berbagai peran besar Gus Dur, sebut Pramono, diharapkan menjadi catatan penting untuk bisa membawa nama mantan Ketua PBNU ini menjadi pahlawan nasional.

"Beliau juga telah mengampanyekan Islam di Indonesia sebagai Islam yang ramah. Mudah-mudahan peran Gus Dur bisa menjadi catatan untuk menjadikannya pahlawan nasional," ujar Pramono.

Sementara itu, saat ditanya mengenai usulan mantan Presiden Soeharto untuk menjadi pahlawan nasional, Pramono enggan memberikan komentar lebih lanjut. "Yang jelas kami mengusulkan Gus Dur saja," ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.