Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengonsumsi Daging Hewan Pengaruhi Karakter Manusia

Kompas.com - 02/01/2010, 08:55 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Umat Hindu menggelar kegiatan ritual Tumpek Kandang dengan mempersembahkan rangkaian janur (banten) kombinasi bunga dan buah-buahan khusus binatang piaraan, Sabtu.
     
"Kegiatan ritual yang jatuh setiap 210 hari sekali ini umat memuja Ida Betara Siwa dalam manifestasi sebagai Rare Angon," kata  Ketua Program Studi Pemandu Wisata Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar, Drs I Ketut Sumadi MPar di Denpasar, Sabtu.
     
Ia mengatakan, kegiatan ritual pada hari yang istimewa tersebut  merupakan korban suci untuk semua jenis binatang yang hidup di alam semesta. Tradisi Tumpek Kandang itu bermakna memberikan kesucian terhadap binatang, khususnya yang dipelihara masyarakat agar mampu memberikan kesejahteraan bagi umat manusia.
     
Oleh sebab itu hampir semua kandang sapi, kerbau, ayam maupun babi milik petani di Bali pada hari Tumpak Kandang atau yang juga dikenal Tumpek Uye itu tampak lain dari hari-hari biasanya.
     
Masyarakat Bali mewarisi Tumpek Kandang untuk menjaga tradisi memelihara kelestarian alam, keseimbangan ekosistem dalam mewujudkan hubungan yang harmonis sesama umat manusia, lingkungan dan Tuhan Yang Maha Esa (Tri Hita Karana).
     
Ketut Sumadi menjelaskan, dalam kehidupan sehari-hari manusia kerap kali mengonsumsi daging yang bersumber dari hewan dan binatang. "Mengonsumsi daging hewan atau binatang sedikit banyak membawa pengaruh terhadap tabiat, sifat dan karakter manusia," ujar Ketut Sumadi yang tengah menyelesaikan program S-3 Kajian Budaya Universitas Udayana.
     
Oleh sebab itu, pada Hari Tumpek Kandang umat manusia hendaknya dapat menyucikan diri untuk menetralisir kekuatan-kekuatan binatang dalam diri.
     
Perayaan Tumpek Kandang yang umumnya dilakukan di masing-masing kandang tempat piaraan hewan juga dapat dipandang sebagai rasa terima kasih dan rasa syukur manusia Bali kepada Tuhan yang telah menciptakan flora dan fauna untuk kesejahteraan umat manusia.
     
Tumbuh-tumbuhan serta hewan atau binatang memiliki andil dan jasa yang tidak terbilang besarnya untuk menopang kehidupan manusia.
     
Sapi dan kerbau misalnya digunakan oleh petani untuk membantu membajak sawah. "Bagi petani, meski kini sudah mengenal teknologi traktor, tenaga sapi dan kerbau tetap menjadi andalan untuk mengolah lahan pertanian, disamping mempunyai nilai ekonomis tinggi," tutur Sumadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com