Wartawan Senior Yunani Prawiranegara Berpulang

Kompas.com - 26/12/2009, 20:25 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Wartawan senior dan penggiat sastra Jawa Rudolf Matius Yunani Prawiranegara menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 61, Sabtu (26/12/2009) pukul 08.20 di Graha Amerta Surabaya. Sampai akhir hayat, almarhum masih aktif menulis di berbagai media massa, menjadi narasumber seminar, serta menghadiri pertemuan tim cagar budaya Surabaya.

Lelaki kelahiran Ngawi 1 Oktober 1948 ini mengalami stroke pada 11 Desember setelah petang sebelumnya menghadiri pertemuan yang membahas Taman Jayengrono dan dilanjutkan dengan membuat makalah. Akibat stroke, operasi untuk mengangkat sisa pendarahan dilakukan empat hari kemudian.

Pada 19 Desember, Yunani yang juga Penasihat Paguyuban Penulis Sastra Jawa sadar, tetapi mengalami serangan stroke kembali 23 Desember. Setelahnya, terjadi kegagalan fungsi multiorgan dan pendarahan otak selama dua hari terakhir.

Ketua Pleno Dewan Kesenian Surabaya ini meninggalkan istri keduanya Sumiyati (49). Selain itu, dari istri pertamanya Titu Herawati yang meninggal pada 2003, Yunani meninggalkan dua anak kandung Heti Palestina Yunani (33) dan Ahmad Romawi Yunani (24) serta dua cucu.


Jenazah Yunani dishalati di Masjid Mujahiddin Jalan Perak Barat dan kemudian di Mushola Nurul Ulama dekat tempat tinggalnya di Jalan Putat Jaya Barat C-XI. Pemakaman dilangsungkan sekitar pukul 14.00 di Taman Makam Putat.



Editormade

Close Ads X