Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Senior Yunani Prawiranegara Berpulang

Kompas.com - 26/12/2009, 20:25 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Wartawan senior dan penggiat sastra Jawa Rudolf Matius Yunani Prawiranegara menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 61, Sabtu (26/12/2009) pukul 08.20 di Graha Amerta Surabaya. Sampai akhir hayat, almarhum masih aktif menulis di berbagai media massa, menjadi narasumber seminar, serta menghadiri pertemuan tim cagar budaya Surabaya.

Lelaki kelahiran Ngawi 1 Oktober 1948 ini mengalami stroke pada 11 Desember setelah petang sebelumnya menghadiri pertemuan yang membahas Taman Jayengrono dan dilanjutkan dengan membuat makalah. Akibat stroke, operasi untuk mengangkat sisa pendarahan dilakukan empat hari kemudian.

Pada 19 Desember, Yunani yang juga Penasihat Paguyuban Penulis Sastra Jawa sadar, tetapi mengalami serangan stroke kembali 23 Desember. Setelahnya, terjadi kegagalan fungsi multiorgan dan pendarahan otak selama dua hari terakhir.

Ketua Pleno Dewan Kesenian Surabaya ini meninggalkan istri keduanya Sumiyati (49). Selain itu, dari istri pertamanya Titu Herawati yang meninggal pada 2003, Yunani meninggalkan dua anak kandung Heti Palestina Yunani (33) dan Ahmad Romawi Yunani (24) serta dua cucu.

Jenazah Yunani dishalati di Masjid Mujahiddin Jalan Perak Barat dan kemudian di Mushola Nurul Ulama dekat tempat tinggalnya di Jalan Putat Jaya Barat C-XI. Pemakaman dilangsungkan sekitar pukul 14.00 di Taman Makam Putat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com