Angkasa Pura: Pesawat Batavia Tidak Terbakar

Kompas.com - 03/12/2009, 13:21 WIB
Editormbonk

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak betul pesawat Batavia Air terbakar di Bandara Ngurah Rai. Insiden yang terjadi dan menyebabkan sejumlah penumpang terluka semata-mata dipicu oleh kepanikan penumpang.

Demikian keterangan resmi General Manajer PT Angkasa Pura I Heru Legowo kepada wartawan di Bandara Ngurah Rai, Bali, Kamis (3/12). Ia didampingi, antara lain, Administrator Bandara Ngurah Rai Sudoso Harsono.

Heru menjelaskan, pesawat Batavia Air dengan nomor penerbangan BTV 701 D tujuan Denpasar-Surabaya itu awalnya mengalami gagal start pada mesin (engine) nomor 1. Saat itu mesin pendingin udara (AC) belum dapat dinyalakan sehingga udara di dalam ruangan pesawat yang mengangkut 148 penumpang itu cukup panas.

Kapten Pilot Cholil Arief, seperti dituturkan Heru, kemudian melakukan start engine nomor 2 dan berhasil. Pada saat itulah ada penumpang melihat asap di engine nomor 1, padahal saat itu engine nomor 1 belum dinyalakan.

"Asap yang dilihat oleh penumpang sebenarnya dikarenakan adanya sisa bahan bakar dari penerbangan sebelumnya yang belum terbuang. Asap itu wajar dan nanti akan hilang begitu engine nomor 1 dinyalakan," jelas Heru.

"Jadi tidak ada api. Karena melihat asap, penumpang lalu berasosiasi ada api," tambah dia.

Melihat asap mengepul, lanjut dia, para penumpang panik dan berinisiatif membuka pintu darurat. Sebagian penumpang melompat turun sebelum slide (tangga peluncur) mengembang. Akibatnya, sejumlah orang terluka.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.