Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KA Operasikan KA Kargo Eksekutif

Kompas.com - 01/12/2009, 21:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api mulai 1 Desember 2009 mengoperasikan KA barang dengan layanan eksekutif tujuan Jakarta-Surabaya (PP) dengan konsep over night service atau disebut ONS Cargo.

Direktur Komersial PT KA Sulistyo Wimbo Hardjito di Jakarta, Selasa (1/12), mengatakan, pengoperasian KA yang mampu menempuh jarak Jakarta-Surabaya (PP) selama 12 jam itu untuk memenuhi permintaan konsumen, terutama kalangan pengusaha, terhadap angkutan barang berkecepatan tinggi. "KA ONS diharapkan membantu perusahana angkutan barang atau ekpeditor untuk bekerja sama sebagai mitra kerja pemasar angkutan guna memudahkan urusan bisnis," katanya pada peluncuran KA ONS.

Menurut dia, KA ONS setiap hari akan berangkat pukul 21.30 dan tiba di stasiun tujuan pukul 08.30 dengan stasiun pelayanan angkutan meliputi Stasiun Pasar Turi Surabaya, Semarang Poncol, dan Jakarta Gudang atau Cargo Center Jakarta.

Pada kesempatan itu, Wimbo juga menyebutkan, kereta dengan kapasitas angkut 20 ton per gerbong itu menerapkan tarif pada tahap awal sebesar Rp 500/kg atau Rp 10 juta per kereta.

Selama ini, lanjutnya, kereta angkutan penumpang lebih diberikan prioritas dibanding kereta barang terutama dalam kecepatan. "Dari uji coba yang dilakukan selama dua minggu didapati bahwa keterlambatan rata-rata hanya 10 menit. Oleh karena itu, kita akan menjaga ketepatan waktu 12 jam," kata Kepala Daops I PT KA Mulyanta Sinulingga.

Selain meluncurkan KA Barang ONS, PT KA juga mulai mengoperasikan KA peti kemas tujuan Kalimas-Pasoso (PP), yakni KA JPT II. Menurut Mulyanta, potensi pengangkutan peti kemas dengan rute Jakarta-Surabaya sangat besar, yakni mencapai 10.000 peti kemas per hari. Namun, realisasi saat ini baru sebanyak 6.000 peti kemas per hari, baik dengan menggunakan kapal laut, truk, maupun kereta api.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Expedisi Kereta Api (Aseka) Nugroho Insani mengakui, pengoperasian KA Barang ONS berdampak pada peningkatan efisiensi, baik pada biaya maupun waktu.

Saat ini, tambahnya, waktu tempuh kereta barang untuk tujuan Jakarta-Surabaya sekitar 18-20 jam. Namun, dengan KA ONS, lama perjalanan bisa dipangkas sekitar 6-8 jam. "Jika dibandingkan dengan kereta api barang yang lama, maka efisiensinya bisa mencapai 30 persen," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com