Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

142 Balita Gizi Buruk

Kompas.com - 22/11/2009, 19:55 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com- Sebanyak 142 anak bawah lima tahun (balita) di Kabupaten Magelang, mengalami gizi buruk. Mengacu pada hitungan berat badan per umur, berat badan mereka jauh di bawah standar karena kurang dari 60 persen berat badan ideal.

"Namun, sejauh ini kasus gizi buruk itu belum ada yang teridentifikasi sebagai marasmus, kwashiorkor, ataupun gabungan keduanya," ujar Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Ichsan Syarif, Sabtu (21/11). Dari 142 balita gizi buruk tersebut, 13 di antaranya juga tidak mengalami kesesuaian antara berat dan tinggi badan.

Ichsan mengatakan, sebagian besar penyebab gizi buruk ini adalah adanya penyakit atau kelainan bawaan lain seperti adanya infeksi saluran pernafasan, tuberculosis, bibir sumbing, atau kelainan tidak memiliki langit-langit mulut.

"Penyakit dan kelainan ini pada akhirnya mengurangi nafsu makan, serta menganggu penyerapan makanan dalam tubuh penderita," ujarnya.

Balita gizi buruk ini tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Magelang. Terbanyak, adalah di Kecamatan Pakis 12 orang, disusul berikutnya Candimulyo dan Srumbung, masing-masing 10 balita.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com