Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusia Empat Tahun, Berat Badan Aprilia Hanay 6,5 Kg

Kompas.com - 11/11/2009, 17:44 WIB

 

MAGETAN,KOMPAS.com- Seorang bocah penderita gizi buruk saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum dr Sayidiman Magetan, Jawa Timur. Aprilia Sartika Dewi, nama bocah itu, sudah berusia empat tahun, tetapi berat badannya hanya 6,5 kg dari seharusnya 12 kg.

Aprilia dirawat di ruang ICU di Irna IV RSU dr Sayidiman, Magetan, sejak Rabu (11/11) ini. Kondisinya sangat memprihatinkan. Tubuhnya sangat kurus. Tulang belulang tubuhnya hanya dibalut kulit tipis.

"Akibat kekurangan asupan gizi, daya tahan tubuh anak itu menurun yang berdampak pada anemia, infeksi pada mulutnya, batuk, sesak nafas, dan diare," kata dr Sri Purwandari SpAn, dokter yang merawat Aprilia.

Menurut dia, tidaklah mudah mengembalikan kondisi anak itu. "Namun kami berupaya semaksimal mungkin," tambahnya.

Pekan lalu, RSU dr Sayidiman juga merawat balita gizi buruk bernama Nike, berusia 1,5 tahun dengan berat hanya 6,3 kilogram dari seharusnya bisa 10,8 kilogram. Namun setelah dirawat, kondisinya bisa baik kembali. "Oleh karena itu, kami yakin bisa memulihkan kondisi Aprilia," ujarnya.

Menurut Jumilah, nenek Aprilia, orang tua Aprilia sudah meninggal. Ayahnya, Bustami, meninggal dua tahun lalu, sedangkan ibunya, Anik Wijayanti, meninggal dua minggu lalu.

Sejak lahir, Aprilia tinggal di rumah Bustami di Pakamban, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep. "Saat ayahnya meninggal dunia kemudian ibunya sakit-sakitan dan dirawat di rumahnya di Magetan, Aprilia dirawat oleh mbah buyutnya, Sayuni (80), di Sumenep," jelasnya.

Sekitar dua tahun lalu, saat Aprilia dibawa ibunya ke Magetan, kondisi Aprilia masih sehat. Namun Jumilah kaget saat dia melihat kondisi anak itu sepuluh hari lalu. "Sayuni mengatakan Aprilia sulit makan dan sering sakit saat dirawatnya," kata Jumilah.

Jumilah lalu membawa Aprilia pulang ke Magetan, membawanya ke Puskesmas Taji di Magetan, kemudian oleh pihak puskesmas Aprilia dirujuk ke RSU dr Sayidiman.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com