Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Pesawat ke Padang Rp 1 Juta "Net"

Kompas.com - 03/10/2009, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Sejumlah maskapai domestik menyepakati harga jual tiket ke Padang dari Jakarta selama dua bulan ke depan maksimal Rp 1 juta.

"Itu salah satu hasil rapat yang dipimpin Dirjen Perhubungan Udara di Jakarta, hari ini (2/10)," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Dephub Bambang S Ervan saat dihubungi di Jakarta, Jumat malam.

Pertemuan tersebut untuk menyikapi perkembangan penjualan tiket ke Padang yang cenderung meninggi, setelah bencana gempa di Padang, Rabu (30/9).

Pihak terkait yang hadir adalah wakil-wakil dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Direksi PT Angkasa Pura II, Kapolres Bandara Soekarno-Hatta, dan sejumlah maskapai penerbangan domestik.

Maskapai yang hadir adalah Sriwijaya Air, Lion Air, Mandala Airlines, Batavia Air, Indonesia Air Asia, dan Cardig Air.

"Harga itu Rp 1 juta net, sudah termasuk IWJR (iuran wajib Jasa Raharja), PPn (pajak pertambahan nilai) dan fuel surcharge. Kesepakatannya berlaku hingga dua bulan atau selama masa tanggap darurat," katanya.

Selain itu, kata Bambang, dalam pertemuan itu juga disepakati bahwa Batavia Air dan Mandala Airlines akan memberikan kargo gratis sampai dengan dua ton per penerbangan per hari.

Adapun Batavia Air mulai Sabtu (3/10) akan menyediakan penerbangan gratis satu kali per hari. "Koordinasinya dengan posko, BNPB, dan Pemda Sumbar," katanya.

Kemudian, Indonesia Air Asia pada Minggu (4/10) juga memberikan penerbangan gratis (charity flight) satu kali dengan kargo gratis hingga 1,5 ton.

"Cardig Air akan membantu membawa kargo/barang kapasitas 17,3 ton dengan biaya at cost atau basic cost," kata Bambang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com