Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lumpuh, Akses Jalan di Pesisir Selatan Padang

Kompas.com - 01/10/2009, 06:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akses jalan di pesisir selatan Kota Padang lumpuh akibat tertutup longsor terkena gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter yang mengguncang Sumatera Barat, Rabu sore (30/9).
    
Wartawan di tempat kejadian melaporkan, Taman Nirwana, di Pesisir Selatan Padang, Kamis (1/10) dini hari, dan akses jalan menuju Padang melalui Bungus Teluk Kabung terputus. 
    
Sementara berdasarkan keterangan seorang warga Kota Padang, Oyon Sudisman (43), rumah warga di wilayah Si Guntur, Kecamatan Tarusan, Pesisir Selatan Padang ini banyak yang runtuh. Ia mengatakan, di titik longsor terlihat tumpukan material batu-batu besar dan kayu sehingga truk tidak dapat melintas. "Yang bisa melintas hanya kendaraan roda dua dan jika dipaksakan minibus masih bisa melewati jalur tersebut," ujar dia.
    
Sedangkan akses jalan antara Padang Pariaman dan Padang Panjang juga mengalami longsor di kawasan Silaing Bawah. Kondisi tersebut mengakibatkan kendaraan tidak dapat menempuh rute Padang Pariaman dan Padang Panjang.
    
Berdasarkan keterangan Andi, warga Padang dari Kecamatan Kuraji, ia terpaksa melalui jalur Solok selama empat jam untuk dapat tiba di Padang.    
    
Sementara itu, kondisi mengenaskan juga terjadi di Kabupaten Padang Pariaman di Sungai Giringging, tempat terdapat puluhan rumah warga yang roboh. Namun demikian belum dpaat diketahui jumlah korban jiwa di Padang Pariaman dan Pesisir Selatan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com