Baru Dua SPBU yang Tetap Buka

Kompas.com - 01/10/2009, 02:32 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Wali Kota Padang Fauzi Bahar menginstruksikan agar Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tetap buka seiring dengan tingginya kebutuhan bahan bakar warga setelah gempa 7,6 skala Richter yang mengguncang Sumatra Barat, Rabu sore (30/9).
    
Dari pantauan di Kota Padang, baru ada dua SPBU yang kembali buka setelah gempa yang meruntuhkan ratusan gedung, rumah, dan pertokoan di kota tersebut. Kedua SPBU yang terlihat buka tersebut terletak di Jalan Sutan Syahrir dan di Lubuk Buaya. Sementara stok bahan bakar di kedua SPBU tersebut pun mulai menipis.
    
Hingga berita ini diturunkan Kota Padang yang diguyur hujan lebat masih gelap gulita akibat aliran listrik yang masih padam.           
    
Masyarakat kota Padang yang mengungsi di tenda-tenda darurat yang dibangun di setiap lapangan hanya menggunakan penerangan seadanya berupa lilin. Sedangkan rumah sakit menggunakan genset untuk tetap dapat beroperasi.
    
Terpantau ada sekitar 40 rumah terbakar usai gempa yang mengguncang Kota Padang terjadi. Namun demikian, Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang dibantu oleh petugas kebakaran dari PT Semen Padang, TNI AU, dan masyarakat berhasil memadamkannya.
    
Sementara itu, masih berdasarkan pantauan di lapangan, terdapat sedikitnya 10 jembatan penyeberangan di dalam Kota Padang runtuh dan menghambat akses evakuasi Tim Satkorlak Sumbar. Beberapa di antara jembatan penyeberangan yang runtuh berada di Jalan Andalas dan di Jalan Kuragi.    
    
Beberapa kebutuhan mendesak yang diperlukan saat ini antara lain alat berat untuk mengevakuasi warga yang masih terjebak reruntuhan gedung dan pertokoan, kantung jenazah, infus, obat-obatan, dan relawan atau Tim SAR.                         

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.