Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandala Tunda Penerbangan akibat Gempa

Kompas.com - 30/09/2009, 20:56 WIB

MEDAN, KOMPAS.com — Maskapai penerbangan Mandala Airlines menunda penerbangan domestik rute Medan-Padang karena gempa yang menyebabkan Bandar Udara Internasional Minangkabau, Padang, ditutup.
   
Informasi yang diperoleh di Bandar Udara Polonia, Medan, lebih dari 150 orang penumpang maskapai penerbangan itu sempat menanti di ruang keberangkatan setelah melakukan check-in tiket.

Sesuai jadwal, seharusnya pesawat jenis Airbus A320 berkapasitas 180 orang tempat duduk milik Mandala dijadwalkan lepas landas dari Bandar Udara Polonia pukul 17.20 WIB.
    
Namun, akibat gempa yang mengguncang Sumatera Barat pada Rabu (30/9) pukul 17.16 WIB menyebabkan bandara internasional yang terdapat di provinsi itu ditutup.

Para penumpang sempat menunggu hingga pukul 17.30 WIB, sebelum akhirnya pihak Mandala di terminal domestik Bandar Udara Polonia mengumumkan penundaan penerbangan hingga Kamis (1/10) pukul 07.00 WIB.

Beberapa dari total jumlah penumpang itu juga dilaporkan sempat melakukan pengembalian tiket pesawat (refund). District Manager Mandala Airlines Cabang Medan, Marwan Aras, yang dihubungi melalui telepon selulernya, mengatakan, penundaan rute Medan-Padang dengan nomor penerbangan RI 089 itu dilakukan setelah mendapat konfirmasi Bandar Udara Minangkabau ditutup.
    
"Kita sempat menunggu sekitar 10 menit dari jadwal keberangkatan sebelum akhirnya mendapat konfirmasi bandara di Padang ditutup hingga esok hari," ujarnya.

Di Kota Medan dan Sidikalang, Sumatera Utara, gempa dirasakan dengan intensitas I-II modified mercally intensity (MMI); kemudian di Rantau Parapat, Sumut, II-III MMI; dan Padang, Sumbar, VI-VIII MMI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com