Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa, Warga Tembilahan Berhamburan ke Jalan

Kompas.com - 30/09/2009, 19:02 WIB

TEMBILAHAN, KOMPAS.com — Warga Tembilahan, ibu kota Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, berhamburan ke jalan raya saat terjadi gempa pada Rabu petang.
 
Seperti dilaporkan Antara, terlihat warga yang sedang berada di dalam bangunan bertingkat bergegas keluar dari bangunan tersebut menuju jalan raya, menjauh dari bangunan bertingkat.  
 
Akibat kuatnya gempa tersebut, tampak bangunan ruko yang ada di Kota Tembilahan bergerak-gerak. Kejadian ini membuat warga panik dan keluar berhamburan dari bangunan bertingkat.
 
"Kuat terasa gempanya, bahkan ruko tempat saya bekerja terlihat bergerak-gerak. Takut bangunan roboh, maka saya pilih keluar saja saat gempa," ujar Yati, seorang pekerja warung internet.

Bahkan, karena kuatnya gempa tersebut terlihat pula tower milik Telkom yang terletak di Jalan Hang Tuah Tembilahan terlihat bergoyang-goyang. Beberapa warga mengaku pusing saat gempa dan mereka melihat bangunan yang tampak bergerak-gerak akibat pengaruh gempa ini.

Selama masih terasa goyangan gempa, warga memilih bertahan di luar rumah dan berusaha menghindari bangunan bertingkat. Baru setelah tidak ada terasa goyangan lagi warga berangsur-angsur masuk ke dalam rumah mereka.
 
Gempa yang berpusat di Pariaman, Sumatera Barat, ini juga membuat warga yang bermukim di kawasan pesisir Indragiri Hilir panik, apalagi gempa kali ini dirasakan lebih kuat dibandingkan gempa beberapa waktu sebelumnya. Biasanya saat gempa terjadi, warga di pesisir Indragiri Hilir lebih fokus melihat gerakan air di sungai karena mereka khawatir terjadi tsunami.

"Gempa juga terasa cukup kuat di daerah kami, bahkan warga serius mengamati air sungai karena katanya kalau air sungai atau laut mendadak surut ada potensi terjadi tsunami," ujar Rana, seorang warga Desa Bekawan, Kecamatan Mandah.
 
Desa ini berada berhadapan dengan Selat Berhala, bahkan desa tetangganya, Desa Kuala Selat, beberapa waktu lalu sempat dihantam gelombang pasang yang merusak puluhan rumah warga di sana.

Gempa juga membuat para pengunjung dan keluarga pasien yang berada di RSUD Puri Husada Tembilahan menjadi panik. Malahan, beberapa di antaranya terlihat menyelamatkan keluarga mereka yang sedang dirawat karena khawatir gempa menimbulkan kerusakan bangunan.

Gempa yang terjadi beberapa saat itu tidak menimbulkan kerusakan fisik bangunan di Indragiri Hilir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com