Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buaya Senyulong Terancam Punah

Kompas.com - 29/09/2009, 17:56 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com - Keberadaan buaya senyulong (Tomistoma schlegelii) di Sumsel semakin terancam. Buaya senyulong termasuk jenis buaya yang dilindungi.

Habitat buaya senyulong di Sumsel ada di kawasan hutan rawa gambut Merang Kepayang, Kecamatan Bayunglincir, Kabupaten Musi Banyuasin. Buaya Senyulong memiliki bentuk moncong yang panjang dan sempit serta panjang tubuh 5-6 meter.

Menurut Manager Advokasi dan Studi Kebijakan Wahana Bumi Hijau (WBH), Aidil Fitri, Selasa (29/9) di sela-sela seminar bertema Perlindungan Buaya Senyulong, berdasarkan survei WBH pada tahun 2009 di Sungai Merang, Musi Banyuasin kepadatan populasi buaya senyulong hanya 0,13 per kilometer persegi. Artinya dalam wilayah seluas 10 kilometer persegi hanya terdapat satu ekor buaya senyulong.

Survei terakhir bulan Agustus 2009 di hulu Sungai Merang sepanjang 70 kilometer, kami hanya menjumpai empat ekor buaya senyulong, kata Aidil.

Aidil mengungkapkan, menurunnya populasi buaya senyulong disebabkan pembalakan liar yang merusak habitat buaya. Penangkapan ikan dengan cara menyetrum juga menyebabkan buaya senyulong mati.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com