Buaya Senyulong Terancam Punah

Kompas.com - 29/09/2009, 17:56 WIB
Editor

PALEMBANG, KOMPAS.com - Keberadaan buaya senyulong (Tomistoma schlegelii) di Sumsel semakin terancam. Buaya senyulong termasuk jenis buaya yang dilindungi.

Habitat buaya senyulong di Sumsel ada di kawasan hutan rawa gambut Merang Kepayang, Kecamatan Bayunglincir, Kabupaten Musi Banyuasin. Buaya Senyulong memiliki bentuk moncong yang panjang dan sempit serta panjang tubuh 5-6 meter.

Menurut Manager Advokasi dan Studi Kebijakan Wahana Bumi Hijau (WBH), Aidil Fitri, Selasa (29/9) di sela-sela seminar bertema Perlindungan Buaya Senyulong, berdasarkan survei WBH pada tahun 2009 di Sungai Merang, Musi Banyuasin kepadatan populasi buaya senyulong hanya 0,13 per kilometer persegi. Artinya dalam wilayah seluas 10 kilometer persegi hanya terdapat satu ekor buaya senyulong.

Survei terakhir bulan Agustus 2009 di hulu Sungai Merang sepanjang 70 kilometer, kami hanya menjumpai empat ekor buaya senyulong, kata Aidil.

Aidil mengungkapkan, menurunnya populasi buaya senyulong disebabkan pembalakan liar yang merusak habitat buaya. Penangkapan ikan dengan cara menyetrum juga menyebabkan buaya senyulong mati.

 

 



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X