Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menhub Resmikan KA Wisata "Sepur Kluthuk" di Solo

Kompas.com - 27/09/2009, 10:50 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal, Minggu (27/9), meresmikan pengoperasian kereta wisata di Kota Solo. Kereta api yang merupakan kereta uap kuno itu menggunakan lokomotif berwana hitam jenis C1218 buatan Jerman tahun 1896.

Peresmian kereta wisata Kota Solo yang diberi nama Sepur Kluthuk ini dilaksanakan di depan rumah dinas Wali Kota Solo, di Jalan Slamet Riyadi. Ribuan masyarakat Solo menyaksikan peresmian kereta wisata ini, saat Menhub bersama Wali Kota Solo dan Wakil Wali Kota Solo, Joko Widodo dan FX Hadi Rudyatmo, membuka kain selubung yang menutupi kereta tersebut.

Sebagai tanda mulai beroperasinya kereta, Menhub memecahkan kendi di bagian paling depan kereta. Kemudian, kereta berjalan perlahan menyusuri Jalan Slamet Riyadi. Jusman, Joko Widodo, dan Hadi Rudyatmo melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyaksikan dengan kagum kereta tersebut.

Menhub menyatakan rencana pengoperasian kereta api wisata ini sudah disampaikan Wali Kota Solo kepadanya sejak dua tahun yang lalu. "Ini ide Wali Kota sejak dua tahun yang lalu. Alangkah indahnya kereta api di tengah kota dihidupkan kembali," ujarnya memuji ide Wali Kota Solo tersebut.

Peresmian kereta api ini berlangsung meriah, lokomotif hitam besar yang menarik dua gerbong kayu kuno menarik perhatian masyarakat yang datang sejak pagi hari menyaksikan kereta tersebut. Wali Kota Solo berharap kereta wisata menjadi ikon wisata Kota Solo dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com