Mencari Jodoh? Jangan Terlalu Banyak Pakai Parfum!

Kompas.com - 19/09/2009, 14:42 WIB
Editor

KOMPAS.com - Banyak wanita dan pria menghabiskan waktu lama untuk mencari wewangian yang ia sukai di toko. Harapannya? Supaya tercium wangi dan disukai lawan jenis. Untung-untung kalau si jodoh bisa terpikat. Setiap kali sebelum bepergian, Anda pun akan menyemprotkan parfum ke dua titik di lengan, di belakang telinga, dan tubuh hingga wanginya begitu semerbak. Tetapi tahukah Anda, bahwa hal ini bisa membuat si jodoh makin sulit tergaet?

Parfum, lotion, dan wewangian buatan lain bisa menutupi wangi alami tubuh Anda yang sebenarnya justru bisa membantu Anda mencari si jodoh. Bagaimana bisa?

Adalah Karl Grammer dan Elizabeth Oberzaucher, dua ilmuwan yang mempelajari bagaimana aroma tubuh manusia mempengaruhi ketertarikan seksual lawan jenis. Keduanya mendapati, ketika sedang berovulasi wanita mengeluarkan pheromones yang disebut sebagai copulins. Zat ini memiliki suatu aroma tertentu. Ketika pria menangkap aroma ini di hidungnya, hormon testosteronnya meningkat. Sebagai hasilnya, si pria akan mengeluarkan androstenone, suatu aroma dalam tubuh pria yang menolak wanita yang tak sedang berovulasi.

Terapis seks kenamaan, dr Laura Berman, mengatakan bahwa ilmu pengetahuan dan evolusi memainkan peran yang besar dalam hal ketertarikan lawan jenis. Manusia sebenarnya mampu membedakan lebih dari 10.000 aroma secara sadar, ungkap Berman. Namun, tetap ada sekian banyak aroma yang tak kentara yang kita sendiri tak menyadari sedang kita hirup.

Dr Berman pernah melakukan suatu penelitian, dimana sejumlah wanita diminta untuk menghirup aroma kaus beberapa pria yang sudah dilepas. Secara mayoritas, para wanita ini tertarik kepada kaus pria yang major histocompatability complexes (MHC)-nya berbeda dari mereka. MHC adalah sebuah koleksi gen yang berhubungan dengan sebuah sistem imun tubuh. “Secara tak sadar, kita ingin berhubungan dengan seseorang yang memiliki sistem imun tubuh berbeda dari kita,” ungkap dr Berman. Konon, ini merupakan suatu tindak bawah sadar kita untuk memilih pasangan yang daya tahan tubuhnya lebih baik atau berbeda dari kita agar anak-anaknya kelak memiliki daya tahan yang jauh lebih baik.

Tetapi, dengan begini, bukan berarti Anda tak perlu membersihkan diri atau bersantai menunggu si jodoh datang dari langit. Karena aroma tubuh alami hanya merupakan 1 dari 5 titik ketertarikan antara lawan jenis. Yang lainnya, gaya mencium, suara, fitur pada wajah,dan stabilitas keuangan, juga tak kalah penting.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.