Wabah Muntaber di Sukabumi Meluas, Lima Tewas

Kompas.com - 16/09/2009, 22:24 WIB
Editor

SUKABUMI, KOMPAS.com  - Wabah muntah berak (muntaber) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat makin meluas. Korban muntaber terus bertambah menjadi 122 orang, dan lima orang lainnya meninggal dunia.

Puluhan personel TNI dari Kodim 0607 Sukabumi dan Korem 061 Surya Kancana Bogor diterjunkan ke lokasi kejadian di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2MPL) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi, Dadang Sucipta, di Sukabumi, Rabu (16/9) mengatakan, warga yang terkena muntaber bertambah menjadi 122 orang. Sedangkan jumlah warga yang meninggal akibat penyakit tersebut  sebanyak lima orang diantaranya Tami (65), Agus (70), Ma Empat (60), dan Icah (68).

Banyaknya warga yang terkena penyakit muntaber mendapatkan perhatian serius dari Bupati Sukabumi, Sukmawijaya yang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) atas wabah ini.

Di Kecamatan Caringin dibuka posko pengobatan gratis bagi warga yang terkena muntaber. Penyuluhan kesehatan tetap dilakukan untuk menghentikan penyebaran muntaber. Saat ini masih ada dua warga yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi, Cibadak, tetapi seratusan warga lainnya berangsur-angsur sehat.

Penyebaran penyakit muntaber disebabkan oleh terkontaminasinya air selokan oleh kotoran tinja, padahal air yang mengalir di sekitar pemukiman warga tersebut dipakai untuk kebutuhan sehari-hari seperti minum, mandi dan lainnya.

Komandan Korem 061/Surya Kancana, Bogor, Kolonel (Inf) Agus Sutomo menerjunkan sejumlah tim medis ke lokasi wabah muntaber di Caringin. "Kami sudah mengirimkan tim medis ke lokasi kejadian dan memberikan sebanyak 15 ribu oralit untuk dibagikan kepada warga yang terserang muntaber," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencananya hari Kamis (17/9), Komandan Kodim (Dandim) 0607 Sukabumi, Letkol (Kav) Muhammad Yusuf meninjau lokasi wabah muntaber di Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.