Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres: Trans Studio Tak Pakai Uang Negara

Kompas.com - 09/09/2009, 09:03 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com — Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, Rabu (9/9) pagi pukul 09.00 Wita, meresmikan wahana rekreasi dunia yang disebut Trans Studio Theme Park di kawasan Tanjung Bunga, dekat Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tempat rekreasi internasional yang terinspirasi dari Disneyland dan Universal Studio di Amerika Serikat itu dibangun awal di areal seluas 2,7 hektar—dari rencana 24 hektar—dengan dana lebih dari Rp 1 triliun oleh kongsi Para Group, perusahaan yang dimiliki pemilik Trans Corp Chairul Tandjung dan Group Kalla.

Menurut Wapres, semalam saat ditanya pers di kediaman pribadinya di Jalan Haji Bau, dananya sama sekali tidak berasal dari uang negara.

"Proyek itu tidak ada hubungannya dengan pemerintah. Jadi, jangan sampai dikatakan bahwa Wapres mengambil uang pemerintah untuk membangunnya. Ini proyek swasta 100 persen," ungkap Wapres.

Dikatakan Wapres, lahan proyek ini berasal darinya. "Saya kasih tanah yang sejak lama saya miliki. Jadi, ini bisnis keluarga," lanjutnya.

Wapres kemudian menegaskan, bisnis keluarganya, 95 persen adalah bisnis masyarakat dengan masyarakat. "Tidak ada hubungannya dengan pemerintah. Bahwa ada gubernur dan wali kota kasih izin, ya itu wajar-wajar. Tidak ada minta-minta uang pemerintah," demikian Wapres.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com