Delapan Rumah di Purwakarta Rusak Akibat Gempa

Kompas.com - 02/09/2009, 18:26 WIB
Editor

 

PURWAKARTA, KOMPAS.com- Sedikitnya delapan rumah milik warga Desa Pasirangin, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, rusak akibat diguncang gempa, Rabu ( 2/9). Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat kejadian tersebut, namun dinding rumah retak dan runtuh, genteng jatuh, dan fondasi bergeser. 

 

"Delapan rumah di sekitar tempat tinggal saya rusak dengan tingkat kerusakan 30-40 persen akibat guncangan gempa beberapa kali pada siang tadi. Kondisi yang sama kemungkinan terjadi di kampung lain di Desa Pasirangin karena karakter tanahnya hampir sama, ujar Wahyu (57)," warga Kampung Pasirangin.  

 

Selain di Kecamatan Darangdan, gempa juga dirasakan oleh warga di sejumlah kecamatan seperti di Purwakarta, Bungursari, Campaka, dan Babakancikao. Warga di sepanjang Jalan Raya Bungursari-Cikopo, misalnya, berhamburan keluar rumah karena khawatir gempa meruntuhkan rumah mereka.  

 

Warga di Jalan Veteran, Jalan Raya Purwakarta-Curug-Klari, serta Jalan Jenderal Sudirman juga keluar rumah dan kantor sesaat setelah gempa terjadi. Gempa membuat pohon dan kabel listrik dan telepon bergoyang, perabot bergemeretak, dan bangunan seperti bergerak, ujar Atin (23) warga di Jalan Raya Bungursari-Cikopo.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X