Gempa Juga Terasa di Pantai Utara Jawa Tengah

Kompas.com - 02/09/2009, 18:22 WIB
Editor

TEGAL, KOMPAS.com- Gempa tektonik berkekuatan 7,3 skala Richter yang terjadi pada 142 kilometer barat daya Tasikmala, Rabu (2/9) sekitar pukul 14.55 juga terasa hingga Kota Tegal, Brebes, dan Kota Pekalongan. Getaran gempa di Kota Tegal sangat terasa, di dalam maupun luar r uangan.

Tanah untuk berpijak terasa seperti berputar, berlangsung hingga sekitar dua menit. Akibat kejadian tersebut, sejumlah karyawan pada beberapa instansi, serta masyarakat yang sedang berada di dalam ruangan berhamburan keluar, seperti karyawan bank Mandiri Cabang AR Hakim Tegal, serta karyawan Pemkot Tegal.

Sesaat setelah gempa terjadi, karyawan dan nasabah bank tersebut keluar menuju halaman parkir. Begitu pula, karyawan di lingkungan Pemkot Tegal juga berlarian untuk menyelamatkan diri.

Roniyanto (29), staf Humas dan Protokol Pemkot Tegal mengatakan, saat itu para karyawan sedang menyelesaikan pekerjaan mereka, termasuk dirinya yang sedang mengetik. "Tiba-tiba tembok dan lantai ruangan terasa bergoyang. Karyawan pada lari turun ruangan, khawatir terjadi apa-apa," katanya.

Sejumlah warga di Brebes juga berhamburan keluar rumah, seperti dilakukan warga di Kampung Saditan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Himawan (22), warga setempat mengaku sedang tidur saat terjadi gempa. Tiba-tiba ia terbangun karena merasa ada goyangan. Warga berhamburan keluar rumah, sambil membunyikan kentongan, tuturnya.

Kepala Stasiun Meteorologi Tegal, Sartono, mengatakan, gempa tersebut tergolong besar dan dangkal, karena berada pada kedalaman 30 kilometer. Gempa juga berpotensi menimbulkan tsunami, meskipun akhirnya dicabut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X