Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Juga Terasa di Pantai Utara Jawa Tengah

Kompas.com - 02/09/2009, 18:22 WIB

TEGAL, KOMPAS.com- Gempa tektonik berkekuatan 7,3 skala Richter yang terjadi pada 142 kilometer barat daya Tasikmala, Rabu (2/9) sekitar pukul 14.55 juga terasa hingga Kota Tegal, Brebes, dan Kota Pekalongan. Getaran gempa di Kota Tegal sangat terasa, di dalam maupun luar r uangan.

Tanah untuk berpijak terasa seperti berputar, berlangsung hingga sekitar dua menit. Akibat kejadian tersebut, sejumlah karyawan pada beberapa instansi, serta masyarakat yang sedang berada di dalam ruangan berhamburan keluar, seperti karyawan bank Mandiri Cabang AR Hakim Tegal, serta karyawan Pemkot Tegal.

Sesaat setelah gempa terjadi, karyawan dan nasabah bank tersebut keluar menuju halaman parkir. Begitu pula, karyawan di lingkungan Pemkot Tegal juga berlarian untuk menyelamatkan diri.

Roniyanto (29), staf Humas dan Protokol Pemkot Tegal mengatakan, saat itu para karyawan sedang menyelesaikan pekerjaan mereka, termasuk dirinya yang sedang mengetik. "Tiba-tiba tembok dan lantai ruangan terasa bergoyang. Karyawan pada lari turun ruangan, khawatir terjadi apa-apa," katanya.

Sejumlah warga di Brebes juga berhamburan keluar rumah, seperti dilakukan warga di Kampung Saditan, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes. Himawan (22), warga setempat mengaku sedang tidur saat terjadi gempa. Tiba-tiba ia terbangun karena merasa ada goyangan. Warga berhamburan keluar rumah, sambil membunyikan kentongan, tuturnya.

Kepala Stasiun Meteorologi Tegal, Sartono, mengatakan, gempa tersebut tergolong besar dan dangkal, karena berada pada kedalaman 30 kilometer. Gempa juga berpotensi menimbulkan tsunami, meskipun akhirnya dicabut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com