Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Bangunan Rusak Ringan akibat Gempa

Kompas.com - 02/09/2009, 16:59 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Sejumlah bangunan di Kota Bandung rusak ringan akibat gempa yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat. Genteng dan tembok bangunan bertingkat di Bandung pun ambruk.

Hal itu seperti yang ditemui di Gedung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jabar, Rabu (2/8) di Bandung. Tembok pembatas di lantai tiga gedung tersebut ambrol menimpa genteng di bawahnya.

Saat gempa berlangsung, seluruh pegawai Disbudpar berlarian keluar kantor dengan melewati tangga. Sebagian besar dari mereka akhirnya tidak mau kembali naik ke kantor karena takut ada gempa susulan.

Gempa terasa kuat sekali, sampai-sampai semua perabot dan rak bergoncang. "Saya sendiri langsung ke luar pos, saat tanah mulai terasa bergerak," kata Boni S Theny, pegawai keamanan di Disbudpar Jabar.

Kerusakan ringan juga terjadi di Gedung Fujifilm di jalan RE Martadinata, Bandung. Batu bata penyangga atap di lantai tiga berjatuhan saat gempa terjadi. Pegawai pun histeris dan berebut ke luar melalui tangga.

Tembok gedung pun retak-retak. Tegel tangga turut bergeser. Barang-barang berjatuhan, dan atap plafon ambrol, kata Indra Gunawan, salah satu staf Fujifilm.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com