Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luka Parah, Dua Korban Gempa Dirawat di RSU Garut

Kompas.com - 02/09/2009, 16:29 WIB

GARUT, KOMPAS.com — Kepala RSU dr Slamet Garut dr Widjayanti Utoyo, SPM, mengemukakan, untuk sementara terdapat dua korban guncangan gempa bumi yang masih dirawat di ruang unit gawat darurat (UGD) setempat, Rabu (2/9).
     
Keduanya mengalami luka parah di sekujur tubuhnya. Saat gempa berlangsung, perempuan dan laki-laki dewasa ini sedang berbelanja di Toserba Yogya Garut.
     
"Namun, (mereka) masih belum bisa dimintai keterangan tentang penyebab luka tersebut karena mereka masih mengalami depresi berat," ungkap Widjayanti Utoyo.
     
Dengan demikian, seluruh jajaran medis dan tenaga medis terus melakukan kesiap-siagaan untuk segera menanggulangi jika terdapat korban gempa lainnya. Gempa yang terjadi berkekuatan 7,3 pada skala Richter sebagaimana diungkapkan Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas I Bandung Ismanto di Garut.
     
Sementara itu, petugas Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP) Tarogong Garut, Herman, menyatakan bahwa pihaknya tengah merawat korban gempa dengan kondisi luka di bagian kepala.
     
Korban adalah Ny Ia (25), warga kampung Bojong Larang. Ia tertimpa genteng rumah. Selain itu, seorang anak atas nama Elena (7), warga kampung Pasir Muncang, Desa Jati, juga mengalami luka pada bagian kepala akibat tertimpa genting rumah yang roboh.
     
"Luka kedua korban tersebut sangat parah. Bahkan, kini kondisinya cukup kritis, yang kemungkinan akan segera dirujuk ke RSU kabupaten," katanya.
     
Sebelumnya, warga Kota Garut dan sekitarnya berhamburan keluar rumah dan perkantorannya masing-masing akibat diguncang gempa bumi yang berlangsung pukul 14.55 WIB sekitar 30 detik, Rabu.
    
Gempa yang berpusat 142 km, berkedalaman 30 km barat daya Tasikmalaya, itu sangat berpotensi tsunami. Hal itu diungkapkan Iswanto.
    
Peristiwa tersebut, selain sangat menggemparkan warga Garut, juga antara lain menyebabkan genting atap Gedung DPRD setempat berhamburan, tembok beberapa rumah di kecamatan Bayongbong retak, dan bangunan aula Kelurahan Sukajaya di Kecamatan Tarogong Kidul nyaris roboh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com