Gempa Susulan Terjadi sampai Tiga Kali

Kompas.com - 02/09/2009, 16:20 WIB
Editor

CILACAP, KOMPAS.com — Gempa susulan, pascagempa berkekuatan 7,3 skala Richter berpotensi tsunami yang terjadi di sekitar pantai Tasikmalaya, terjadi sampai tiga kali. BMKG Banjarnegara mencatat gempat susulan itu terjadi dengan kekuatan lebih kecil, antara 5,1 skala Richter sampai 3,5 skala Richter, sehingga guncangannya tak terasa di sekitar daratan.

Gempa susulan pertama terjadi sekitar tiga sampai lima menit setelah gempa berkekuatan 7,3 SR terjadi, sekitar pukul 15.08, dengan kekuatan 5,1 SR. Gempa susulan kedua terjadi pukul 15.16, dengan kekuatan 4,5 SR, dan gempa ketiga terjadi pukul 15.25, dengan kekuatan 3,5 SR.

Sejauh ini, menurut prakirawan vulkano BMKG Banjarnegara, Budiarta, gempa tersebut berpotensi tsunami. Namun, BMKG Banjarnegara berada jauh dari pesisir sehingga tak dapat memantau pasang surut air laut di pantai selatan Jawa. "Kami hanya dapat memantau kegempaan dari seismograf," katanya.

Hingga saat ini, beberapa nelayan Cilacap mengaku, belum ada pergerakan air laut yang signifikan. Rusyadi (33), nelayan Pantai Teluk Penyu, Cilacap, mengaku, sejak tadi pagi memang air laut sudah surut karena kemarin malam air laut pasang. "Pasang surut seperti ini sudah biasa. Namun, untuk air laut yang surut drastis belum tampak," katanya.

Kuat (60), nelayan di TPI Tegalkamulyan, Cilacap, juga mengutarakan hal serupa. Namun, sebagai antisipasi, menurutnya, hampir semua nelayan segera pulang melaut, termasuk dirinya. Mereka juga masih berjaga-jaga memantau kondisi laut andaikata tiba-tiba terjadi air surut.

"Sekarang nelayan berjaga-jaga di sekitar pantai, memantau pergerakan air laut ini. Kalau terjadi surut secara tiba-tiba, kami mengungsi," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.