Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Kitab Kuno Dikembalikan

Kompas.com - 30/08/2009, 02:55 WIB

SOLO, KOMPAS.com--Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah mengembalikan tiga kitab kuno milik Museum Radya Pustaka, Kota Solo, Jawa Tengah, yang pernah dikabarkan hilang.

"Pada awalnya kitab-kitab tersebut dianggap hilang karena tidak berada di Museum Radya Pustaka. Padahal, tiga kitab tersebut tercantum dalam daftar katalog koleksi museum," kata Ketua Komite Museum Radyapustaka Surakarta, Winarso Kalinggo di Solo, Sabtu.

Dia mengatakan, kondisi pengelolaan museum oleh kepengurusan lama memang semrawut sehingga menimbulkan masalah, termasuk hilangnya koleksi arca batu dan arca perunggu.

"Hilangnya kitab tersebut baru diketahui ketika kepengurusan baru komite museum melakukan pendataan koleksi pada April 2009," katanya.

Setelah ditelusuri, tiga kitab terjemahan Alquran ke dalam bahasa dan tulisan Jawa itu ternyata dipinjam Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah sejak tiga tahun yang lalu.

Peminjaman ini diketahui seorang petugas yang menemukan selembar kertas yang menyatakan tiga buku kuno tersebut dipinjam Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah untuk keperluan peresmian Masjid Agung Jawa Tengah.

Yang lebih disesalkan, kata dia, surat tersebut hanya ditulis dengan pensil.

"Setelah penemuan surat tersebut, pihak Museum Radya Pustaka melakukan klarifikasi kepada Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah. Pengakuan mengenai peminjaman tersebut disampaikan oleh Museum Perkembangan Islam Jateng," katanya.

Terjemahan Alquran ke Bahasa jawa itu terdiri atas tiga buku, masing-masing buku berisi sepuluh juz, disusun oleh salah satu abdi dalem ulama nagari, Bagoes Ngrapah, pada 1905 dengan menggunakan tulisan tangan.

"Selain tiga kitab tersebut, diperkirakan masih terdapat beberapa buku koleksi museum yang saat ini menghilang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com