Pemasangan Portal di UGM demi Keamanan

Kompas.com - 24/08/2009, 18:03 WIB
Editor

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Pemasangan portal dan penutupan sejumlah jalur di kampus bagian timur Universitas Gadjah Mada dipicu oleh tingginya potensi ancaman terhadap keamanan dan keselamatan warga kampus. Kebijakan ini telah dirancang sebelum tahun 2004 untuk mewujudkan kampus yang aman dan kondusif sebagai tempat pembelajaran.

Hal ini diutarakan Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol Universitas Gadjah Mada, Suryo Baskoro di UGM, Senin (24/8). "Selama ini telah terjadi sejumlah kecelakaan yang memakan korban jiwa di kawasan kampus. Selain itu terjadi pula pencurian dan penjambretan," tuturnya.

Suryo mengatakan, pemasangan portal dan penutupan sejumlah jalur merupakan upaya untuk menyortir kendaraan. Dengan demikian, arus lalu lintas di dalam kampus akan lebih teratur dan tertib. Hal ini juga untuk mencegah pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab masuk ke kawasan kampus.

Kebijakan ini juga untuk mengurangi polusi dalam kampus demi mewujudkan kampus yang hijau dan sehat. Dengan tertatanya lalu lintas, kampus UGM juga diharapkan menjadi kawasan yang ramah terhadap pejalan kaki dan pengguna sepeda.

Pemasangan portal ini, ujar Suryo, merupakan langkah ketiga dari rancangan penertiban kampus. Rancangan untuk mewujudkan kampus yang kondusif ini dimulai dengan relokasi pedagang kaki lima beberapa waktu lalu.

Sementara itu, penerapan tarif parkir mobil sedang dalam pertimbangan akan diberlakukan. Kebijakan diambil karena pemungutan tarif mobil dinilai sebagai kontrol yang paling efektif untuk membatasi kendaraan yang masuk. "Sejauh ini, pemungutan tarif parkir belum dituangkan dalam bentuk peraturan atau surat edaran apa pun," katanya.

Lebih jauh, Suryo menerangkan, kebijakan yang diambil UGM ini bukan untuk memisahkan kampus UGM dengan masyarakat. "Saya harap, publik tidak menilai kebijakan ini dari satu sisi saja," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.