Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Penelitian Ikan Purba Coelacanth di Sea World

Kompas.com - 11/08/2009, 15:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Tim peneliti dari Badan Riset Kelautan dan Perikanan Departemen Kelautan dan Perikanan (BRKP-DKP) melakukan preservasi dan pengamanan sampel ilmiah ikan purba coelacanth (Latimeria menadoensis) di Sea World Indonesia, Ancol, Jakarta, Selasa (11/8).

Penelitian ikan purba yang ditemukan di perairan Pulau Talise, Manado, Sulawesi Utara, pada November 2008 tersebut meliputi morfometri, genetika, patologi, nutrisi, histologi, dan reproduksi.

Coelacanth disebut ikan purba karena sebelumnya hanya diketahui dari fosilnya dan diduga punah sejak 10 juta tahun silam. Ikan ini telah ada di bumi sejak era Devonia sekitar 380 juta tahun silam, lebih tua dari dinosaurus, dan tidak berevolusi.

Di dunia ada dua spesies (Latimeria chalumnae dan Latimeria menadoensis). Spesies L chalumnae ditemukan pertama kali di Kepulauan Komoro, Afrika, tahun 1938. Spesies L menadoensis ditemukan pertama di Manado, Sulut, tahun 1998.

Saat ini coelacanth dapat dijumpai di Kenya, Tanzania, Komoro, Mozambik, Madagaskar, Afrika Selatan, dan Indonesia (Tolitoli di Sulawesi Tengah, serta Manado dan Bunaken di Sulut).

Ikan ini hidup pada kedalaman 150-200 meter pada suhu 12-18 derajat celsius di relung-relung goa batuan lava. Ikan ini juga merupakan predator yang karnivor dengan memangsa ikan-ikan kecil pada malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com