Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Densus 88 Pulangkan Ahmadi

Kompas.com - 26/07/2009, 15:24 WIB

CILACAP, KOMPAS.com — Densus 88 memulangkan Ahmadi alias Ahmad Jenggot yang diduga sebagai kurir gembong teroris Noordin M Top ke kampung halamannya di Desa Sikanco, Kecamatan Nusawungu, Cilacap, Jawa Tengah.

"Ahmadi telah dipulangkan tadi pagi dan diserahkan langsung oleh Densus 88 kepada kami," kata Kepala Desa Sikanco Suparno, didampingi ipar Ahmadi (kakak istri Ahmadi, Roikoh), Mansur, di Sikanco, Minggu (26/7).

Menurut dia, rencananya Densus 88 akan mengantar Ahmadi hingga rumahnya di Dusun Sigaru RT 01 RW 07, Desa Sikanco.

Akan tetapi, demi ketenangan warga, dia bersama Kepala Dusun Sigaru Sutarman dan Kapolsek Nusawungu AKP Mochammad Ilham menjemput Ahmadi di Buntu, Kecamatan Kemranjen, Banyumas, sekitar pukul 04.00.

Kepulangan Ahmadi ke kampung halamannya karena yang bersangkutan terbukti tidak terkait dalam jaringan teroris.

"Dari awal Ahmadi memang mengaku tidak pernah terkait dalam jaringan teroris. Bahkan, dia mendatangi saya untuk minta keterangan mengapa ada petugas yang mencarinya pada 16 Juli saat ia berada di Lampung untuk berjualan alat rumah tangga," katanya.

Suparno minta Ahmadi memberi keterangan kepada Polda Jateng. Ahmadi pun menyatakan siap dan ikhlas untuk memberi keterangan sehingga pada 22 Juli Ahmadi diantar Kepala Dusun Sigaru Sutarman menuju Polda Jateng di Semarang. "Jadi, sama sekali tidak ada penangkapan terhadap Ahmadi," katanya.

Suparno menyayangkan adanya pemberitaan di berbagai media massa yang menyatakan, Ahmadi ditangkap karena terlibat dalam jaringan teroris, bahkan disebut-sebut sebagai calon pengantin dalam aksi pengeboman selanjutnya.

Ahmadi mengaku sama sekali tidak mengetahui masalah jaringan teroris meski mengenal Saefudin Zuhry (warga Desa Danasri Lor, Kecamatan Nusawungu, yang ditangkap Densus 88 pada 21 Juni).

Dia juga mengenal Bahrudin Latif alias Baridin (warga Desa Pasuruhan, Kecamatan Binangun, Cilacap, yang masih dikejar Densus 88 karena diduga terlibat dalam jaringan teroris dan diduga sebagai mertua Noordin M Top).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com