Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petani Kembangkan Pohon Lengkeng Itoh

Kompas.com - 13/07/2009, 13:09 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Upaya memajukan petani agro politan di Jawa Tengah, terus dikumandangkan pejuang-pejuang pertanian yang bernaung di bawah Yayasan Obor Tani, Semarang. Saat ini sebanyak 126 keluarga petani di Desa Genting, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang memperoleh bantuan benih pohon Lengkeng Itoh.

Ketua Yayasan Obor Tani Semarang, Budi Dharmawan, Senin (13/7) mengemukakan, ke 126 petani peserta Sentra Pemberdayaan Tani itu menyerahkan lahan kebun mereka masing-masing seluas 500-200 meter persegi.

Di lahan itu, kemudian ditanami pohon Lenteng Itoh, dengan variasi jumlah pohon antara 10 hingga 40 pohon, sesuai luasan lahan. Selama tiga tahun, para etani didampingi kader-kader Yayasan Obor Tani akan mendampingi dan tinggal di desa itu, untuk mendidik petani dalam budidaya dan mengelola Lengkeng Itoh sampai berbuah.

Program pemdampingan itu, masa pertumbuhan pohon Lengkeng Itoh itu dalam pemeliharan dan bila setelah berbuah akan diserahkan para petani pemilik.

Dari hasil panen pohon Lengkeng Itoh itu, setiap petani peserta memperoleh penghasilan minimal Rp 12 juta per tahun atau minimal Rp 1 juta per bulan dari panen buah Lengkeng Itohnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com