Petani Kembangkan Pohon Lengkeng Itoh

Kompas.com - 13/07/2009, 13:09 WIB
Editor

SEMARANG, KOMPAS.com - Upaya memajukan petani agro politan di Jawa Tengah, terus dikumandangkan pejuang-pejuang pertanian yang bernaung di bawah Yayasan Obor Tani, Semarang. Saat ini sebanyak 126 keluarga petani di Desa Genting, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang memperoleh bantuan benih pohon Lengkeng Itoh.

Ketua Yayasan Obor Tani Semarang, Budi Dharmawan, Senin (13/7) mengemukakan, ke 126 petani peserta Sentra Pemberdayaan Tani itu menyerahkan lahan kebun mereka masing-masing seluas 500-200 meter persegi.

Di lahan itu, kemudian ditanami pohon Lenteng Itoh, dengan variasi jumlah pohon antara 10 hingga 40 pohon, sesuai luasan lahan. Selama tiga tahun, para etani didampingi kader-kader Yayasan Obor Tani akan mendampingi dan tinggal di desa itu, untuk mendidik petani dalam budidaya dan mengelola Lengkeng Itoh sampai berbuah.

Program pemdampingan itu, masa pertumbuhan pohon Lengkeng Itoh itu dalam pemeliharan dan bila setelah berbuah akan diserahkan para petani pemilik.

Dari hasil panen pohon Lengkeng Itoh itu, setiap petani peserta memperoleh penghasilan minimal Rp 12 juta per tahun atau minimal Rp 1 juta per bulan dari panen buah Lengkeng Itohnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.