Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darwin-Ambon Yatch Race Ketiga Digelar

Kompas.com - 10/07/2009, 20:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lomba perahu layar Darwin-Ambon Yacht Race 2009 diselenggarakan untuk ketiga kalinya, tanggal 18-23 Juli 2009, sejak diadakan kembali pada tahun 2007. Lomba ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Ambon dan Darwin, Australia.

Rencananya lomba ini diikuti 20 peserta dari mancanegara dengan garis start di Darwin. Para peserta akan dilepas dengan upacara kenegaraan yang dihadiri oleh pejabat-pejabat di Darwin.

Saat ditemui di Diskusi Jumat Forum Wartawan Kebudayaan dan Pariwisata, Jumat (10/7), Wali Kota Ambon Jopie Papilaja mengatakan, Darwin-Ambon Yacht Race 2009 merupakan program Pemerintah Kota Ambon dalam rangka meningkatkan pariwisata bahari.

"Selain itu, lomba ini juga merupakan bentuk tindak lanjut kerja sama sister city antara Ambon dan Darwin," tambahnya.

Perlombaan perahu layar dari Darwin ke Ambon ini awalnya diprakarsai oleh sebuah klub yacht di Darwin, Cruising Yacht Association of the Northern Territory Incorporated (CYANT), pada tahun 1976.

Lomba dilakukan pada bulan Juli saat angin bertiup dari selatan ke utara. Selanjutnya, lomba ini rutin dilakukan sampai tahun 1998 yang diikuti lebih dari 100 peserta. Namun, sejak adanya konflik di Ambon, lomba ditiadakan karena alasan keamanan dan keselamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com