Membincangkan Kesusasteraan Minangkabau - Kompas.com

Membincangkan Kesusasteraan Minangkabau

Kompas.com - 09/07/2009, 09:50 WIB

KOMPAS.com — Kesusasteraan Minangkabau memiliki sejarah hubungan yang panjang dengan kesusasteraan Indonesia. Ketika “pusat” politik berusaha mendefinisikan Minang, dan apa pun yang di luarnya sebagai wilayah “daerah”, dalam wilayah kebudayaan, kesusasteraan Minang justru memiliki semacam “otoritas”. Kesusasteraan Minang merupakan anasir penting yang membentuk dunia kesusasteraan Indonesia hingga menjadi sebuah dunia yang kita kenal hari ini.

Pengarang-pengarang Minang telah menjadi aktor sastra Indonesia sejak tahap dini dari sejarahnya. Nama-nama seperti Marah Roesli, Buya Hamka, hingga AA Navis telah menjadikan kegundahan eksistensial para subyek kebudayaan Minang suatu bagian yang tak terpisahkan dari kesusasteraan Indonesia. Persoalan-persoalan bercorak Minangkabau, seperti rantau, surau, dan adat matrilineal, menjadi ihwal yang secara konsisten diartikulasikan oleh para pengarang Minang, dan menjadi suatu “divisi” dalam kesusasteraan negeri ini.

Diskusi Bale Sastra Kecapi kali ini mengajak kita untuk bergulat dengan kesusasteraan Minangkabau melalui cerpen-cerpen Damhuri Muhammad, pengarang Minang yang baru saja menerbitkan buku ketiganya, Juru Masak. Selama beberapa tahun ini, cerpen-cerpen Damhuri Muhammad mengajak kita untuk ikut terlibat dalam persoalan-persoalan eksistensial seorang manusia Minang. Bagaimana dengan Juru Masak, buku cerpennya yang termutakhir ini? Bagaimanakah ia merepresentasikan kesusasteraan Minang hari ini? Bagaimanakah ia berdialog dengan perubahan sosial yang terus terjadi? Dan bagaimanakah “Keminangan” itu diartikulasikan?

Bedah buku Juru Masak yang mengambil tema “Membincangkan Kesusasteraan Minangkabau” ini akan diselenggarakan pada:

Waktu       : Jumat, 10 Juli 2009 15.00-18.00 WIB
Tempat : Restoran Mirasari, Jln. Kemang Utara No 33 Kel. Bangka, Mampang Prapatan Kota, Jakarta Selatan 12730
Pembicara : Leon Agusta (Penyair), Edi Utama (Budayawan), Ibnu Wahyudi (Pengajar Sastra Indonesia - FIB UI)
Moderator : Binhad Nurrohmat

Diskusi bedah buku Juru Masak ini diharapkan dapat diikuti oleh para aktivis sastra, sastrawan, pengamat, penikmat, wartawan, mahasiswa, dan pihak-pihak lain dalam masyarakat sastra.

Salam hangat,
Bale Sastra Kecapi

Contact Person
Geger Riyanto 08561286005
Ainin Dita 08561741857

Lampiran

Restoran Mirasari dapat dicapai dengan menaiki Metromini 77 jurusan Ragunan-Blok M yang melintasi Jl Kemang Utara. Anda dapat turun di Jl Kemang Utara Nomor 33, tepat di depan Restoran Mirasari. Berikut ini juga kami sertakan peta lokasi acara untuk mempermudah Anda mencapai lokasi acara.


Editor

Close Ads X