Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Novartis Siap Uji Coba Vaksin Flu Babi

Kompas.com - 13/06/2009, 19:09 WIB

BRISBANE, KOMPAS.com - Perusahaan farmasi asal Swiss Novartis menyatakan bahwa vaksin flu babi buatannya kini telah siap diluncurkan untuk diuji coba, tepat saat negara-negara melakukan langkah-langkah pencegahan penularan virus menyusul deklarasi pandemik dari WHO.
   
"Novartis telah menyelesaikan produksi perdana vaksin untuk flu babi (H1N1), beberapa pekan lebih cepat daripada perkiraan awal," demikian disebutkan dalam pernyataan tertulis Novartis yang dikutip oleh AFP, Sabtu (13/6).
   
Dengan pencapaian vaksin pra-tes klinik ini, diperkirakan versi komersialnya akan siap dipasarkan dalam 4 bulan mendatang.
   
Data WHO menyebutkan bahwa hingga lebih dari 30.000 orang di 74 negara tertular virus itu, dan angka kematian mencapai 145 orang sejak pertama kali ditemukan di Meksiko April lalu.
   
Pada Kamis kemarin (12/6), WHO telah menaikkan status flu babi menjadi tingkat 6 (tertinggi) setelah para ahli menyetujui bahwa flu itu telah mencapai status pandemik akibat penyebaran geografis penyakit ini.
   
Direktur Jenderal WHO Margaret Chan menyatakan deklarasi pandemik moderat ini jangan sampai membuat panik, dan deklarasi ini tidak pula ingin menyatakan bahwa angka kematian akan segera melonjak tajam.   
   
Pihak Novartis berharap vaksin ini siap diujikan pada Juli, dan izin dapat segera diperoleh setelah itu.
   
Mereka juga menyatakan hingga sekarang telah ada 30 lebih negara yang meminta "bahan baku" vaksin flu babi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com