Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia Siap Bantu Indonesia

Kompas.com - 13/06/2009, 14:24 WIB

SHAH ALAM, KOMPAS.com — Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak, Sabtu (13/6), mengatakan negerinya siap membantu Indonesia memadamkan kebakaran hutan berikut titik api yang masih membara di kawasan Nusantara. Seiring dengan mulainya musim kemarau, seperti diwartakan sebelumnya, titik-titik api bermunculan di Sumatera. Akibatnya, kabut asap yang tertiup angin justru menyebar ke Malaysia.

PM Razak mengatakan hal itu dengan syarat Indonesia yang meminta bantuan kepada Malaysia. Menurut Razak, negaranya memiliki peralatan seperti pesawat terbang khusus yang bisa menyiramkan air dari udara ke lokasi kebakaran hutan. "MMEA memiliki pesawat itu," kata Razak yang berbicara dalam pertemuan Komisi UMNO Selangor.

Sampai sekarang, beberapa wilayah, seperti Cheras, Kuala Lumpur, Port Klang, dan Selangor masih tertutup kabut asap. "Kualitas udara memang belum sampai pada level berbahaya yang membuat kami mesti mengurangi aktivitas di luar rumah," kata PM Razak.

Pada Agustus 2005, Malaysia mengerahkan 125 pasukan pemadam kebakaran untuk membantu Indonesia memadamkan lebih dari seribu titik api di hutan-hutan Riau dan Sumatera bagian utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com