Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Sepuluh Orang TKI Ilegal Hilang

Kompas.com - 05/06/2009, 15:26 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Belum lagi sebulan sebuah kapal angkut TKI ilegal tenggelam di perairan Johor, sebuah kapal yang mengangkut TKI ilegal dari Johor Bahru ke Indonesia tenggelam lagi, Kamis (4/6) pagi.
   
Kejadian ini menyebabkan satu orang meninggal dan 9-10 orang hilang, 22 orang selamat.
   
Kepala operasi maritim Malaysia, Kapten Mohd Zubil Mat Som, sebagaimana dikutip media massa Malaysia, Jumat (5/6) sekitar pukul 07.45, menerima informasi dari awak kapal MV Sanne St John bahwa mereka telah menemukan satu mayat mengapung di perairan laut Tanjung Piai.
   
Dari informasi itu, aparat penjaga laut Malaysia mengerahkan pasukannya melakukan operasi penyelamatan, dengan dua buah kapal cepat menuju lokasi kapal karam sekitar pukul 08.10.
   
Pada pukul 09.25, penjaga laut Malaysia berhasil menyelamatkan enam TKI, satu perempuan, dan lima laki-laki. Pukul 10.45, ada informasi sebuah kapal dagang berhasil menyelamatkan 16 TKI. Dua kapal cepat akhirnya menemukan seorang mayat wanita yang mengapung di laut.
   
Diperkirakan, kapal yang tenggelam mengangkut antara 32 dan 33 TKI yang mencoba kembali ke Indonesia dengan ilegal.
   
Pada 14 Mei 2009, sebuah kapal yang mengangkut sekitar 30 TKI ilegal juga tenggelam di perairan Pangerang, Kota Tinggi, Johor Bahru, mengakibatkan enam orang meninggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com