Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Mandiri Nusantara Terbakar di dekat Pulau Karamean

Kompas.com - 31/05/2009, 02:39 WIB

 

SURABAYA, KOMPAS.com - Kapal Motor Mandiri Nusantara milik PT Prima Vista terbakar di perairan sekitar 34 mil dari Pulau Karamean, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Sebanyak 302 penumpang dan anak buah kapal dilaporkan selamat setelah diselamatkan tiga kapal tugboat dan kemudian dievakuasi ke Kapal Motor Tanker Mitra Galaxy.

Kapal Motor (KM) Mandiri Nusantara berangkat dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jumat (29/5) malam sekitar pukul 21.30 dengan tujuan Kalimantan. Namun, ketika kapal sampai di sekitar Pulau Karamean, Sabtu (30/5) sekitar pukul 15.30, kapal tiba-tiba terbakar.

Semua penumpang dilaporkan selamat setelah dievakuasi tiga kapal tug boat. Para penumpang dan awak kapal kemudian dievakuasi ke Kapal Tanker Mitra Galaxy, kata Administratur Pelabuhan Tanjung Perak Cholik Kirom, Sabtu (30/5) di Surabaya.

Menurut Cholik, para penumpang dan awak kapal langsung dibawa Kapal Tanker Mitra Galaxy kembali ke Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Para penumpang dan awak kapal KM Mandiri Nusantara diperkirakan tiba di Surabaya, Minggu (31/5).

Selain mengangkut 302 penumpang dan awak kapal, KM Mandiri Nusantara juga membawa 48 kendaraan, terdiri dari truk, mobil, dan sepeda motor. Namun demikian, perwakilan dari PT Prima Vista Wisnu Iskandar mengungkapkan data jumlah penumpang dan anak buah kapal (ABK) yang berbeda, jumlah total penumpang KM Mandiri Nusantara 299 orang dan jumlah ABK 56 orang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com