Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan Sastra Selamatkan 6.000 Naskah Kuno

Kompas.com - 27/05/2009, 02:40 WIB

SOLO, KOMPAS.com--Yayasan Sastra Surakarta berhasil menyelamatkan dan melestarikan sekitar 6.000 naskah kuno bertuliskan huruf Jawa.

"Ribuan naskah ini dibeli dari pedagang buku dan tidak ada satu pun yang berasal dari perpustakaan Indonesia," kata Komisaris Yayasan Sastra Surakarta Jhon Peterson, di Solo, Selasa.

Dia mengatakan, naskah-naskah kuno yang umurnya rata-rata di atas 50 tahun tersebut tidak ada satu pun yang ada stempelnya dari perpustkaan Museum Radya Pustaka, Pura Mangkunegaran maupun Keraton Kasunanan Surakarta.

Menurut dia, sebagian dari jumlah tersebut pernah dipelihara di luar negeri, namun saat ini lebih dari 50 persen telah disatukan di kantor Yayasan Sastra Surakarta.

Bahkan sejak 1998 secara berangsur-angsur, Yayasan Sastra membawa naskah dari luar itu dan langsung melakukan pendaftaran dan digitisasi agar naskah tersebut dapat dimanfaatkan para peminat baik dari dalam maupun luar negeri.

Proses digitasi tersebut merupakan sebagian dari tujuan Yayasan Sastra untuk menyebarluaskan naskah tulisan Jawa, katanya menambahkan, untuk menyelamatkan naskah kuno tersebut pihaknya sudah mengeluarkan dana Rp1 miliar lebih.

"Yayasan Sastra menyadari sepenuhnya bahwa naskah kuno merupakan kekayaan negara dan bukan barang komersial, bahkan tujuan utama yayasan ini adalah penyelamatan. Maka sekitar 3000-an naskah di luar negeri itu sedang disiapkan untuk disatukan di perpustakaan," katanya.

Yayasan Sastra sebagai institusi yang selama 10 tahun memfokuskan pada penyelamatan dan penyebarluasan  naskah tulisan Jawa, siap bergabung dengan semua pihak untuk memberikan kontribusi yang terbaik bagi Pemerintah Kota Surakarta.

Kontribusi tersebut dapat dengan cara menghibahkan perpustakaan, pengetahuan tentang proses digitisasi dan pelestarian naskah pada umumnya, serta sumberdaya manusia yang ada di yayasan tersebut.

Wali Kota Surakarta Ir Joko Widodo di tempat terpisah menyatakan, pihaknya siap memenuhi keinginan dari Yayasan Sastra Surakarta, terkait masalah pengembalian naskah-naskah kuno itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com