Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpustakaan Nasional Kesulitan Naskah Kuno

Kompas.com - 26/05/2009, 02:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Manajemen Perpustakaan Nasional, Jakarta, mengaku, kesulitan untuk mendapatkan naskah-naskah kuno (manuskrip) yang ada di sejumlah daerah di Indonesia, padahal seharusnya naskah-naskah kuno yang ada itu harus di simpan di Perpustakaan Nasional sebagai bahan rujukan penelitian.

"Kami kesulitan untuk mendapatkan naskah-naskah kuno di sejumlah daerah, terutama naskah-naskah kuno milik kerajaan," kata Plt Kepala Perpustakaan Nasional, Lilik Soelistyowati, di Jakarta, Senin.

Selain itu, masih banyaknya kepercayaan masyarakat (mitos) mengenai keampuhan naskah-naskah kuno yang disimpannya, sehingga mereka enggan untuk menyerahkannya ke pepustakaan nasional.

"Untuk mengambil naskah-naskah kuno harus melalui prosedur yang relatif lama, seperti ritual-ritual dan perizinan dari pihak kerajaan, sehingga kami kesulitan mendapatkan naskah tersebut," tuturnya.

Ia berpendapat, seharusnya mereka menyerahkan naskah kuno tersebut ke perpustakaan sesuai UU No 43/2007 tentang perpustakaan.

Ia menjelaskan, dalam UU itu menyebutkan, bahwa Perpustakaan Nasional memiliki tugas menginventarisasi naskah-naskah kuno yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri.

Lilik mengatakan, selama ini ada naskah kuno yang diperdagangkan ke luar negeri seperti Malaysia dan Singapura, terutama naskah kuno Melayu.

"Mereka mencari naskah kuno melayu karena kedua negara tersebut ingin menjadi pusat kebudayaan Melayu, padahal naskah kuno Melayu itu kebanyakan dari Indonesia," katanya.

Mengantisipasi hilangnya naskah kuno itu, kata dia, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait, termasuk perpustakaan di provinsi melakukan pengawasan naskah-naskah yang memiliki nilai sejarah dan budaya itu.

"Kalau kami tidak bisa menyimpannya, kami hanya meminta duplikatnya melalui foto digital. Tapi, kami juga harus waspada agar tidak menyalahi hak cipta orang lain," kata Lilik.

Lilik mengatakan, hingga kini Perpustakaan Nasional memiliki koleksi naskah kuno sebanyak 10 ribu naskah, yang berisi tentang kebudayaan, peta-peta kuno, ramalan dan lainnya dengan tulisan menggunakan Jawa kuno, Arab kuno, Melayu, Belanda dan lainnya.

"Kami juga memiliki 1,5 juta eksemplar foto yang memiliki nilai sejarah, sejak zaman Belanda hingga zaman kemerdekaan RI," katanya, seraya menambahkan pihaknya juga memiliki koleksi audio visual tentang sejarah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com