Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampus Kelas Dunia 2020, Tekad Rektor Terpilih Binus

Kompas.com - 18/05/2009, 17:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Di usia 45 tahun, Prof. Dr.Ir Harjanto Prabowo, MM, terpilih sebagai Rektor Universitas Bina Nusantara (Binus) periode 2009/2013. Terhitung 15 tahun Harjanto telah berkiprah di Binus, mulai seorang dosen, ketua jurusan, dekan, direktur operasi, hingga kepala informasi Binus pernah diembannya.

Pemberitahuan tersebut dikirimkan melalui siaran pers hari ini (18/5) kepada Kompas.com. Pelantikan Harjanto atau "Prof. Har", sapaan akrabnya di lingkungan sivitas akademika Binus, secara resmi baru akan dilakukan pada 15 Agustus 2009 mendatang.

"Saya berharap Binus tetap berkomitmen tinggi untuk mencapai visinya ke depan di 2020 untuk menjadi institusi pendidikan kelas dunia," ujar Harjanto, dihubungi oleh Kompas.com (18/5). Harjanto melanjutkan, visi tersebut juga termasuk dalam keseriusan Binus melanjutkan inovasi dan nilai-nilai kewirausahaan yang sudah ditanamkan sejak dulu. "Dan kami bertekad menjadi universitas riset berskala internasional," ujar Harjanto.

Sekilas Harjanto

Harjanto adalah seorang Sarjana Teknik Elektro dari Universitas Dipenogoro, Semarang, pada 1988 silam. Gelar tersebut didapatkannya dengan predikat lulusan terbaik.

Pada 1996, Harjanto juga menamatkan program Magister Manajemen Sistem Informasi di Universitas Bina Nusantara. Enam tahun kemudian, dia juga berhasil menyelesaikan program Doktor Manajemen Bisnis di Universitas Padjajaran, Bandung, dengan predikat Cum Laude. 

Dosen, ketua jurusan, dekan, direktur operasi, sampai jabatan sebagai seorang kepala informasi,-- yang selama empat tahun terakhir ini dipegangnya, pernah disandang oleh Harjanto. Di usia yang baru saja menginjak usia 45 tahun, Harjanto pun telah banyak melakukan penelitian, terutama di bidang penerapan Teknologi Infomasi (TI) pada perguruan tinggi dan menjadi narasumber di banyak seminar nasional dan internasional terkait manajemen perguruan tinggi.

Kontribusi besarnya dalam dunia akademik dan pengetahuan di lingkungan sivitas akademika Binus juga mengantarkannya meraih gelar Guru Besar Tetap di Universitas Binus, yaitu di bidang Manajemen Sistem Informasi. Selain itu, berkat semangatnya pula, Binus meraih berbagai penghargaan seperti MAKE Award (Most Admired Knowledge Enterprise) dan Telkom Smart Campus.

"Empat tahun ke depan kami bertekad bahwa bidang IT di Binus benar-benar bisa dijadikan proses pembelajaran bertaraf internasional, kami ingin adanya link internasional dengan univesitas lain di luar negeri, termasuk dengan para dosennya," tekad Harjanto. "Binus pun membuka diri untuk berkolaborasi dengan universitas-universitas nasional agar kita bisa maju dan berkembang bersa-sama," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com