Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Pemilih di China Bisa Daftar Lewat Facebook

Kompas.com - 18/05/2009, 16:55 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beijing memanfaatkan internet untuk menjaring calon pemilih pada pemilu pemilihan calon presiden dan wakil presiden di China. Selain menggunakan e-mail dan layanan pesan singkat (SMS), panitia juga menggunakan facebook untuk mengundang masyarakat Indonesia di China yang ingin masuk dalam daftar pemilih sementara (DPS).

"Kami juga memanfaatkan facebook dalam mengumumkan pendaftaran DPS kepada masyarakat Indonesia usia pemilih yang ingin ikut pilpres dan cawapres," kata Ketua PPLN Beijing Krishna Adi Poetranto di Beijing, Senin (18/5). Masyarakat Indonesia yang menetap di China dan namanya belum masuk DPS juga bisa segera mendaftarkan ke email ppdp@pplnbeijing.org atau datang langsung ke PPLN Beijing yang berkantor di KBRI Beijing.

PPLN Beijing, katanya, sampai 23 Mei 2009 masih membuka pendaftaran tahap kedua kepada masyarakat Indonesia yang namanya belum masuk dalam DPS untuk bisa masuk dalam DPS melalui e-mail.

"Kesempatan itu dilakukan untuk mengakomodasi masyarakat Indonesia yang ada di China yang belum terdaftar dalam DPS untuk masuk dalam DPS sehingga mereka nanti bisa melakukan pilpres," kata Krishna.

Dipergunakannya facebook dalam mengumumkan pendaftaran DPS dilakukan mengingat sebagian besar masyarakat Indonesia yang ada di China adalah mahasiswa. Umumnya masing-masing sudah memiliki fasilitas internet.

Meski demikian, PPLN Beijing tetap memanfaatkan cara-cara konvensional untuk menjaring pemilih lain yang belum mendapat akses internet. Pihaknya telah mengeluarkan pengumuman kepada masyarakat Indonesia yang namanya masuk dalam DPS agar mereka mau menginformasikan batas akhir pendaftaran DPS hingga 23 Mei kepada masyarakat Indonesia lain yang mungkin masih ada yang belum masuk dalam DPS.

"Kami berharap agar informasi pendaftaran dari mulut ke mulut akan lebih berjalan efektif dibanding informasi yang kita sampaikan melalui e-mail atau internet," katanya.

Sesuai ketentuan Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan Luar Negeri (PLN), tanggal 25 Mei adalah batas akhir penyerahan atau penetapan DPT oleh PPLN, sementara pada 28 Mei adalah pengumuman DPT secara nasional. PPLN Beijing bertanggung jawab atas penyelenggaraan pemilu di China, kecuali untuk wilayah Hong Kong dan Makao yang dilakukan oleh PPLN Hong Kong, dan empat wilayah kerja KJRI Guangzhou, yaitu provinsi Guangdong, Fujian, Hainan, dan Guang Xi yang dilakukan KJRI Guangzhou.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com