Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Menteri Tinjau Kawasan Jalur KA Priok-Kota

Kompas.com - 08/05/2009, 17:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com —- Pada Jumat (8/5) siang ini ada yang tidak biasa dalam perjalanan kereta api jalur lintas stasiun Tanjung Priok-Stasiun Jakarta Kota. Sebab, hari ini rombongan empat menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sri Mulyani Indrawati, Menko Kesra Abdurizal Bakrie, Menteri Perhubungan Djusman Safeii Djamal, Menteri Perumahan Rakyat Mohammad Yusuf Asy'ari serta jajaran Pemprov DKI Jakarta tengah meninjau jalur lintas kereta api tersebut. Sepanjang perjalanan tersebut, rombongan menteri melakukan pemantauan untuk revitalisasi dan refungsionalisasi lahan-lahan di sepanjang jalur KA.

"Pada dasarnya yang kami lakukan hari ini merupakan suatu pelaksanaan dan tindak lanjut dari instruksi Presiden. Dalam rangka terwujudnya revitalisasi sepanjang jalur kereta api," kata Sri Mulyani, saat jumpa pers, seusai melakukan tinjauan, di Stasiun Kota, Jakarta, Jumat (8/5).

Sri Mulyani mengakui, sepanjang jalur kereta api yang dilalui banyak dijumpai kawasan kumuh yang dijadikan tempat tinggal. Hal ini dinilai mengabaikan keselamatan dan kebersihan di sekitar jalur.

Rombongan ini menggunakan kereta tua Jaya Kusuma yang sudah dimodifikasi menjadi kereta eksekutif. Dari pertemuan ini, kata Sri Mulyani, akan diambil langkah untuk penataan kawasan tersebut sehingga dapat terwujud sistem transportasi kota yang terpadu dan teringrasi antarmoda dengan moda yang lain guna meningkatkan efisiensi dan standar kualitas lingkungan DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com