Sejumlah Menteri Tinjau Kawasan Jalur KA Priok-Kota

Kompas.com - 08/05/2009, 17:44 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com —- Pada Jumat (8/5) siang ini ada yang tidak biasa dalam perjalanan kereta api jalur lintas stasiun Tanjung Priok-Stasiun Jakarta Kota. Sebab, hari ini rombongan empat menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sri Mulyani Indrawati, Menko Kesra Abdurizal Bakrie, Menteri Perhubungan Djusman Safeii Djamal, Menteri Perumahan Rakyat Mohammad Yusuf Asy'ari serta jajaran Pemprov DKI Jakarta tengah meninjau jalur lintas kereta api tersebut. Sepanjang perjalanan tersebut, rombongan menteri melakukan pemantauan untuk revitalisasi dan refungsionalisasi lahan-lahan di sepanjang jalur KA.

"Pada dasarnya yang kami lakukan hari ini merupakan suatu pelaksanaan dan tindak lanjut dari instruksi Presiden. Dalam rangka terwujudnya revitalisasi sepanjang jalur kereta api," kata Sri Mulyani, saat jumpa pers, seusai melakukan tinjauan, di Stasiun Kota, Jakarta, Jumat (8/5).

Sri Mulyani mengakui, sepanjang jalur kereta api yang dilalui banyak dijumpai kawasan kumuh yang dijadikan tempat tinggal. Hal ini dinilai mengabaikan keselamatan dan kebersihan di sekitar jalur.

Rombongan ini menggunakan kereta tua Jaya Kusuma yang sudah dimodifikasi menjadi kereta eksekutif. Dari pertemuan ini, kata Sri Mulyani, akan diambil langkah untuk penataan kawasan tersebut sehingga dapat terwujud sistem transportasi kota yang terpadu dan teringrasi antarmoda dengan moda yang lain guna meningkatkan efisiensi dan standar kualitas lingkungan DKI Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.